Kuliner

10 Kuliner Unik Ini Bisa Kamu Temukan Saat Bulan Ramadhan Saja Lho!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kurang dari dua minggu lagi, Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah shaum atau puasa Ramadhan. Meskipun akan menjalaninya di tengah wabah pandemi COVID-19, Amigos jangan berkecil hati ya! Oh ya, salah satu hal menarik di Bulan Suci ini adalah kulinernya. Ada kuliner unik dan khas yang hanya bisa kamu temukan saat Bulan Ramadhan saja. Contohnya ada 10 kuliner ini lho!

Sate Susu

sate susu kuliner unik khas bali
Source: kooliner.com

Kuliner unik yang satu ini berasal dari Desa Wanasari, Denpasar Barat, Bali. Sesuai namanya, sate susu berbahan dasar puting susu sapi yang dipotong dadu lalu direbus sebelum diberi bumbu khas. Bumbunya sendiri terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan rempah-rempah. Saat Bulan Ramadhan, pasti dengan mudah kamu bisa menemukan kuliner ini.

Lemang

lemang bisa didapatkan saat bulan ramadhan
Source: tempo.co

Berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, lemang banyak diburu saat Bulan Ramadhan. Kuliner unik yang terbuat dari ketan ini diberi bumbu khas Minangkabau agar rasanya tambah sedap. Biasanya lemang dikonsumsi sebagai menu berbuka.

Asida

asida kuliner unik asal maluku
Source: radiodms.com

Kalau Amigos berasal dari Maluku, pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner unik yang satu ini. Dikenal sebagai makanan tradisional, asida berbahan dasar tepung terigu yang dicampur kapulaga, gula merah, daun pandan, dan kayu manis. Teskturnya kenyal dan mirip dodol. Kuliner ini bisa dengan mudah kamu temukan di Bulan Ramadhan.

Mi Glosor

mie glosor mudah ditemukan saat bulan ramadhan
Source: tukangreview.com

Beralih ke Kota Hujan alias Bogor, ada kuliner unik yang bisa kamu temukan saat Bulan Ramadhan. Di kenal dengan nama mi glosor, hidangan ini sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Oh ya, kata glosor sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang artinya mudah ditelan, sesuai dengan tekstur mi yang kenyal dan licin.

Bongko Kopyor

bongko kopyor kuliner unik khas gresik
Source: genpi.co

Bila berburu jajanan di pesisir pantai Gresik saat Bulan Ramadhan, kamu pasti akan menemukan bangka kopyor. Kuliner unik ini terbuat dari terigu, kelapa kopyor, santan, roti tawar, nangka, dan pisang. Nama bongko kopyor sendiri memiliki makna bubur nangka dan kelapa kopyor.

Kicak

kicak hanya ada saat bulan ramadhan
Source: akurat.co

Kuliner unik khas Yogyakarta ini hanya ada saat Bulan Ramadhan saja. Bahan dasarnya adalah singkong yang dikukus dan diberi taburan kelapa parut di atasnya.  Bahan lain yang digunakan seperti daun pandan dan nangka menambah cita rasa hidangan ini. Saat dimakan, teksturnya terasa lembut dan ada rasa manis serta asin gurih dari kelapa.

Sotong Pangkong

sotong pangkong kuliner unik khas pontianak
Source: merahputih.com

Di Pontianak, Kalimantan Barat, ada satu kuliner unik yang hanya ada saat Bulan Ramadhan saja, yaitu sotong pangkong. Sesuai namanya, bahan dasar kuliner ini adalah sotong atau cumi yang dikeringkan dengan arang panas. Bentuknya pipih karena sebelum dibakar, sotong terlebih dahulu dipuku-pukul. Sebagai pelengkap, sambal kacang, cuka, atau sambal asam pedas manis disajikan bersama sotong pangkong.

Pakat

pakat banyak diminati saat bulan ramadhan
source: liputan6.com

Saat Bulan Ramadhan, pakat akan mudah ditemukan di daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Terbuat dari pucuk muda sejenis rotan yang diolah dengan cara dibakar hingga matang. Selain dibakar, bahan tersebut pun dapat direbus dan kulit luarnya dibuang setelah matang. Di balik kulitnya terdapat isian berwarna putih yang bisa diiris sesuai selera. Tekstur kuliner unik ini lembut dan biasa disantap sebagai lalapan atau diolah menjadi sayur.

Gulai Siput

gulai siput

Kuliner unik ini mudah ditemukan saat Bulan Ramadhan di wilayah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Yang menjadi bahan utamanya adalah siput dan dimasak bersama santan dan bumbu khas gulai. Gulai siput ini tentu saja nikmat disantap bersama nasi hangat.

Ebetan

ebetan

Berbahan dasar kacang panjang, ebetan hanya mudah diburu saat Bulan Ramadhan saja. Selain kacang panjang, kuliner unik ini juga dimasak bersama terong, paria, daun belimbing, daun kemangi. Semua bahan dicampur menjadi satu dan diberi bumbu urap yang terbuat dari parutan kelapa.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.