Destinasi Indonesia Nusa Tenggara Barat

10 Pulau Gili, Wisata di Lombok yang Wajib Didatangi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau gili Trawangan merupakan salah satu wisata di Lombok yang sangat terkenal karena memiliki keindahan yang sangat memukau, seperti laut bersih berwarna hijau toska dan hamparan pasir putih. Gili yang berarti pulau kecil atau nusa dalam bahasa Sasak menjadi destinasi wisata di Lombok yang sangat populer tak hanya di kalangan wisatawan asing tapi juga lokal.

Ternyata pulau gili di Lombok tak hanya Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Masih ada gili-gili lainya yang juga sama indahnya. Setidaknya ada 7 gili lain yang juga wajib kamu kunjungi saat pergi berliburan wisata di Lombok.

Gili Trawangan

pulau gili
Image source Flickr.com/Paolo Gianfrancesco

Rasanya gili yang satu ini sudah begitu familiar di telinga para penikmat keindahan wisata bahari. Namanya sudah cukup beken di kalangan pelancong manacanegara dan domestik. Lokasinya terletak di barat laut Lombok. Pulau ini memiliki lebar 2km dan panjang 3 km. Jumlah penduduknya sekitar 80 jiwa. Tak ada transportasi bermotor di sini. Ini sesuai dengan aturan masyarakat di pulau ini. Sepeda dan cidomo adalah alat transportasi yang bisa digunakan untuk mengitari pulau yang menjadi destinasi wisata di Lombok.

Gili Air

destinasi wisata di Lombok
Image Source @andreassmun

Pulau yang menjadi objek wisata di Lombok ini merupakan tetangga dari Gili Trawangan yang letaknya berada di daerah Lombok Utara. Di sini pengunjung dapat ber-snorkeling menyaksikan keindahan alam bawah lautnya. Dibanding Gili Trawangan, Gili air ukurannya lebih kecil dan lebih sepi pengunjung.

Gili Meno

pulau gili
Image Source @serenastravel

Bertetangga dengan pulau Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Meno memiliki hutan dan taman burung. Di dalamnya terdapat koleksi burung-burung langka yang berasal dari Indonesia dan sebagain dari mancanegara. Destinasi wisata di Lombok ini sudah memiliki alat transportasi bermotor tapi jumlahnya terbatas.

Gili Sudak

destinasi wisata di Lombok
Image Source @kurniabahari

Disebut juga dengan Gili Perawan, Wisata Lombok yang bernama Gili Sudak ini layaknya pulau pribadi. Penduduk aslinya hanya sedikit sehingga wisatawan akan jarang bertemu orang. Penduduk di sini menawarkan paket snorkeling untuk pengunjung.

Gili Nanggu

pulau gili
Image Source @lombokadventurescz

Berada di Selat Lombok, wisata Lombok ini tepatnya berada di Kecamatan Sekotong di daerah Lombok Barat. Untuk bisa menikmati keindahan Gili Nanggu, pengunjung harus naik perahu motor dengan lama perjalanan sekitar 35 menit.

Gili Kedis

wisata di lombok
Image Source @lombokjuara

Objek wisata ini berada di Lombok Barat. Dari Pelabuhan Lembar wisatawan bisa menggunakan perahu motor untuk sampai ke sini. Lama perjalanannya sekitar 35 menit. Pulau Gili Kedis dihiasi bebatuan besar dan air yang sejernih Kristal.

Gili Tangkong

pulau gili
Image Source @v.pattiasina

Pasir putih terhampar indah dan air laut jernih kebiru-biruan pas sekali bagi mereka yang ingin mencari kedamaian dan bebas dari stres. Pulau Gili Takong mempunyai alam bawah laut yang memesona.

Gili Bidara

destinasi wisata di Lombok
Image Source @explorelomboktourtravel

Hamparan pasir putih dan suasana pantai yang memikat adalah pesona yang ditawarkan Gili Bidara. Cukup 40 menit saja untuk berkeliling pulau gili Bidara. Pengunjung juga bisa menyantap ubi jalar manis di destinasi wisata di Lombok ini.

Gili Kondo

Image Source @lombokexperience

Pulau Gili Bagik adalah nama asli Gili Kondo. Di pulau ini tersedia tempat menginap berupa cottage yang dikelola dengan serius. Pengelola juga menyediakan wisata snorkeling. Fasilitas ini sini cukup baik meskipun pulaunya sangat kecil.

Gili Lampu

Image source @saragracianaralulu

Terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Gili Lampu adalah sebuah pulau eksotis yang memiliki alam yang menakjubkan. Pulau yang menjadi destinasi wisata Lombok ini masih asri dan sepi. Berlibur di sini serasa berlibur di pulau pribadi.

Baca juga Pulau Saparua, Mutiara Cantik di Maluku Tengah

Pasti kamu ingin segera pergi ke Lombok, kan? Wisata Lombok memang tak ada duanya. Ayo liburan ke Lombok

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.