Kuliner

10 Rekomendasi Makanan Khas Jepara yang Perlu Kamu Coba

Pinterest LinkedIn Tumblr

Merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Jepara terkenal dengan berbagai kerajinan ukiran. Selain terkenal dengan kerajinannya, Kabupaten Jepara juga kaya akan kuliner lezat yang harus kamu coba saat bertandang ke sana. Apa saja makanan khas Jepara? Setidaknya ada 10 makanan yang bisa kamu buru saat berwisata kuliner di kabupaten ini:

Bongko Mento

bongko mento makanan khas jepara
Source: masakapaya.com

Makanan khas Jepara ini merupakan makanan favorit Keraton Jepara lho! Namun cocok juga disajikan sebagai hidangan saat berkumpul dengan keluarga atau suguhan arisan. Bongko mento terbuat dari telur dadar yang diberi isi ayam suwir dan jamur kuping kemudian dibungkus kembali dengan menggunakan daun pisang.

Opor Panggang

opor panggang dari kabupaten jepara
Source: masakapahariini.com

Yang membedakan makanan khas Jepara ini dengan opor yang lain adalah proses memasaknya. Opor panggang dari Kabupaten Jepara dipanggang dengan menggunakan paso. Paso sendiri adalah sebuah tempat yang menyerupai bak dan terbuat dari tanah liat.

Sop Udang Jepara

sop udang
Source: selerasa.com

Kalau kamu penggemar udang, pasti deh gak akan melewatkan untuk mencicipi makanan khas Jepara. Sesuai dengan namanya, sop ini terbuat dari udang yang digoreng kemudian diberi bumbu. Setelah itu, udang disiram dengan kuah kaldu udang. Limpahan udang dan kuah yang segar menjadikan hidangan ini salah satu yang difavoritkan di Kabupaten Jepara.

Soto Jepara

soto jepara
Source: ranggawisata.com

Banyak daerah yang memiliki hidangan soto dengan ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah Kabupaten Jepara. Yang membedakan makanan khas Jepara ini dengan soto lainnya adalah terdapat tambahan kucai di dalamnya. Kucai merupakan jenis sayuran berdaun dengan rupa yang mirip bawang daun.

Horok-Horok

horok-horok
Source: travel.tribunnews.com

Makanan dari Jepara yang satu ini terbuat dari tepung pohon aren. Biasanya hidangan ini disantap bersama bakso, gulai, soto, dan sate kikil. Kamu juga bisa memakannya sebagai hidangan utama. Hanya tinggal menambahkan gula aren dan santan saja hingga teksturnya menyerupai bubur. Uniknya lagi makanan ini hanya bisa kamu temui di Kabupaten Jepara saja.

Sambal Samtis

makanan khas jepara sambal samtis
Source: tokopedia.com

Merupakan perpaduan sambal dan petis. Untuk membuat sambal khas Kabupaten Jepara ini diperlukan petis udang dengan rasa udang yang kuat. Selain itu ada juga potongan udang yang melimpah dalam campuran makanan khas Jepara ini. Sambal samtis sendiri sangat nikmat bila dijadikan makanan pendamping nasi.

Sayur Betik

sayur betik
Source: masakapaya.com

Jenis sayur yang berasal dari Kabupaten Jepara ini terbuat dari daging tetelan dan pepaya muda. Masyarakat setempat sering menjadikan sayur betik sebagai menu sehari-hari. Kalau kamu penasaran bagaimana rasa makanan khas Jepara ini, tidak sulit kok menemukan resepnya di Internet.

Lontong Krubyuk

lontong krubyuk
Source: inibaru.id

Penamaan makanan khas Jepara ini berasal dari kata ngrubyuk yang berarti genangan air. Karena disajikan dengan kuah yang melimpah, tidak heran bila hidangan ini dinamai lontong krubyuk. Selain kuah yang melimpah, lontong krubyuk merupakan menu lontong yang disajikan bersama semur daging dan suwiran daging ayam.

Pindang Serani

pindang serani
Source: idntimes.com

Makanan khas Jepara ini berupa sup ikan laut dengan kuah bening. Biasanya nikmat disantap sebagai menu makan siang. Selain ikan laut, pindang serani juga menggunakan bahan lain seperti tomat, belimbing wuluh, bawang daun, daun kemangi, dan tomat. Hidangan ini juga memiliki perpaduan rasa pedas, asam, dan manis.

Singit

singit
Source: tribunnewswiki.com

Pecinta menu daging pasti akan menyukai makanan yang bernama singit ini. Bahan dasarnya adalah daging sengkel atau daging yang terdapat pada kaki sapi. Kemudian diberi campuran santan, bumbu, dan kecap manis.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.