Kuliner

10 Sambal Pedas Khas Jawa Barat yang Bikin Pengen Nyocol Terus

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menyantap apapun jika ditambah dengan sambal pedas rasanya akan semakin nikmat, kan? Karena orang Indonesia suka sambal, gak aneh bila Tanah Air kita ini memiliki berbagai jenis sambal yang menggugah selera. Bahkan tiap daerah memiliki sambal dengan ciri khas tersendiri salah satunya adalah sambal khas Jawa Barat. Apa aja sih nama sambalnya? Setidaknya ada 10 sambal dari wilayah Jawa bagian barat yang bakal bikin kamu ngiler deh!

Sambal Dadak

sambal pedas sambal dadak
Source: food.detik.com

Selain memiliki rasa pedas yang bikin nagih, sambal dadak ini juga terasa segar rasanya. Sambal pedas khas Jawa Barat ini memang menggunakan irisan jeruk limau yang menjadi ciri khasnya. Pantas saja rasa jenis sambal ini memang terasa segar sekaligus pedas.  

Sambal Oncom

jenis sambal oncom
Source: cookpad.com

Sesuai namanya, sambal pedas ini terbuat dari oncom dan cabai. Oncom ini memiliki rupa seperti tempe, hanya saja bahan dasar pembuatannya yang beda. Bila tempe dari fermentasi kacang kedelai sedangkan oncom tanah yang difermentasi.

Sambal Cikur

sambal cikur dari Jawa Barat
Source: Youtube.com

Aroma kencur yang khas menjadi ciri dari sambal pedas khas Jawa Barat ini. Cikur atau kencur menjadi bahan utama dan aromanya yang khas semakin menambah cita rasa dari sambal ini.  

Sambal Cibiuk

sambal cibiuk sambal pedas khas jawa barat
Source: cookpad.com

Sambal pedas ini memiliki warna hijau yang berasa dari bahan utamanya yaitu tomat hijau. Ciri khas dari jenis sambal ini adalah teksturnya yang agak kasar.

Sambal Terasi

sambal terasi
Source: yaresep.com

Jenis sambal dengan cita rasa gurih ini sangatlah terkenal di Jawa Barat jadi tidak sulit jika kamu ingin mencicipi kenikmatannya. Biasanya sambal terasi digoreng terlebih dahulu sebelum disantap. Wangi terasinya pun cukup kuat dan pastinya bakal manjain lidah kamu.

Sambal Goang

sambal goang dari jawa barat
Source: doyanresep.com

Sambal pedas terbuat dari bawang, kencur, dan cabai lalu disiram dengan minyak panas. Jenis sambal dari Jawa Barat ini biasanya sering dipasangkan dengan nasi tutug oncom.

Sambal Leunca

sambal leunca
Source: cookpad.com

Selain leunca sebagai bahan utamanya, sambal pedas khas Jawa Barat ini menggunakan bahan lain seperti terasi, cabai merah, dan bawang merah. Leunca juga biasanya disantap sebagai lalapan khas Sunda yang banyak digemari.  

Sambal Tomat

sambal pedas khas jawa barat
Source: merdeka.com

Kalau sambal pedas yang satu ini tersebar hamper di seluruh Indonesia, hanya saja ciri khas masing-masing dari daerah asalnya yang menjadi pembedanya. Di Jawa Barat, tomat digoreng terlebih dahulu hingga layu kemudian diulek menjadi sambal bersama bahan-bahan lainnya.  

Sambal Goreng Jamblang

sambal goreng jamblang
Source: Pinterest.com

Kalau kamu pernah menyantap nasi jamblang khas Cirebon, kamu pasti familiar dengan sambal goreng jamblang. Selain lauk pauk seperti usus, tahu, tempe, dll, dalam satu porsi nasi jamblang juga terdapat sambal goreng jamblang yang rasanya maknyus banget. Sambal ini terbuat dari potongan cabai, kunyit, jahe, ketumbar, dan bawang.

Sambal Peuteuy

sambal peuteuy
Source: pinterest.com

Peuteuy atau petai sering dijadikan sebagai lalapan untuk beberapa kuliner khas Jawa Barat. Selain dijadikan lalapan, petai juga bisa diolah menjadi sambal. Dikenal dengan nama samba peuteuy, gabungan rasa pedas dan peuteuy yang khas akan terasa semakin nikmat saat disantap.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.