Destinasi

29 Kawasan Wisata Alam Kembali Dibuka di Tengah Pandemi COVID-19

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada Senin (22/6), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengumumkan bahwa 29 kawasan wisata alam akan kembali di buka. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari proses pemulihan ekonomi yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

29 kawasan wisata alam tersebut rencananya akan di buka secara bertahap hingga pertengahan Juli 2020 nanti. Lokasi taman nasional dan taman wisata alam yang di buka tersebut tersebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

jalan-jalan ke tempat wisata alam di bali
Wisata alam di Bali kembali buka-Unsplash/Aron Visuals

BACA JUGA:

Walau pihak Kementerian LHK belum merilis daftar lengkap dari 29 kawasan wisata yang akan di buka, namun Menteri LHK, Siti Nurbaya, mengungkapkan beberapa provinsi yang akan kembali membuka destinasi wisata alamnya.

Wilayah provinsi tersebut antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, NTT, NTB, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan. Namun rencana pembukaan kawasan wisata alam tersebut harus mengikuti aturan mutlak yang telah dituangkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/382 tahun 2020 mengenai Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Protokol kesehatan wajib diterapkan pengelola dan pengunjung kawasan wisata alam

Untuk memastikan seluruh pengunjung di kawasan wisata alam tetap aman dalam masa pandemi Covid-19, baik pengelola maupun pengunjung tempat wisata harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Karena itu diharapkan agar para pengelola wisata melakukan desinfeksi secara berkala. Proses pembersihan tersebut termasuk melakukan desinfeksi pada sarana, area, dan peralatan yang digunakan publik.

protokol kesehatan di tempat wisata
Tempat cuci tangan wajib ada di lokasi wisata-Unsplash/National Cancer Institute

Selain itu, lokasi wisata juga harus menyediakan tempat cuci tangan dan sabun. Para pengunjung juga harus diperiksa suhu badannya sebelum memasuki lokasi wisata. Karyawan di lokasi wisata juga harus bisa menerapkan pola hidup sehat seperti rajin mencuci tangan, berolahraga, makan makanan bernutrisi, istirahat yang cukup.

Para pengunjung juga diharapkan dapat melakukan budaya menjaga jarak saat berada di kawasan wisata. Jadi pihak pengelola harus menerapkan beberapa hal seperti menentukan jarak aman pada antrean masuk, pembatasan jumlah pengunjung, hingga menyediakan ruang isolasi di lokasi wisata.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.