Kuliner

4 Camilan Dari Tahu yang Khas dan Unik di Berbagai Negara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia memiliki banyak camilan dari tahu yang populer, salah satunya tahu gejrot. Tapi sebenarnya negara lain juga punya camilan berbahan dasar tahu yang tak kalah populer dan uniknya. Mau tahu camilan apa saja itu? Yuk kita cari tahu sama-sama hanya di sini!

Dubu Jorim, Korea

camilan dari tahu yang berasal dari korea
Image source: @kimskitchenatl

Camilan dari tahu khas Korea ini sekilas mirip dengan tahu balado ya?  Dubu jorim merupakan olahan tahu dengan campuran rempah pedas. Cara pengolahannya pun terbilang mudah. Bumbu dan tahu tidak dimasak secara terpisah, melainkan direbus bersamaan hingga menghasilkan kuah yang mengental seperti pasta. Dengan pengolahan seperti ini, maka bumbu pun akan meresap hingga ke dalam tahu. Selain disajikan sebagai camilan, dubu jorim juga enak disantap bersama nasi putih.

Tofu Paratha, India

image source: @forknscissors

Roti paratha merupakan roti khas India yang terbuat dari tepung gandum. Roti ini juga bisa diolah bersama tahu lho! Disebut tofu paratha, camilan dari tahu ini terbuat dari tepung gandum yang dicampur dengan remahan tahu hingga menjadi adonan roti. Setelah itu, roti paratha bisa disantap dengan berbagai pilihan topping sesuai keinginan. Roti ini cocok dijadikan bekal makan siang atau camilan saat sedang bepergian.

Tofuyo, Jepang

Image source: @habu_fav8

Tofuyo adalah camilan dari tahu asal Okinawa, Jepang. Kudapan ini sudah ada sejak Zaman Dinasti Ryukyu. Untuk mengolahnya, tahu terlebih dahulu melalui proses fermentasi dengan beras koji dan awamori atau minuman tradisional khas Okinawa. Setelah difermentasi, tekstur tahu akan mengeras seperti keju dan rasanya akan berubah menjadi asin. Tofuyo  disajikan di restoran yang menyediakan menu dari Okinawa dan biasanya disantap sebagai kudapan pendamping minuman beralkohol.

Stinky Tofu, Taiwan

Image source: @hapa.toast

Dari namanya saja kamu pasti sudah menduga kalau caminal dari tahu ini berbau tak sedap. Bau tersebut berasal dari proses fermentasi yang lebih lama dari tahu pada umumnya. Setelah difermentasi, stinky tofu atau oleh masyarakat lokal disebut chou dou fu bisa diolah dengan cara direbus, dikusus, atau digoreng. Biasanya bau akan berkurang setelah tahu diolah dan ditambah campuran lain seperti saus tiram dan saus cabai. Terlepas dari baunya yang tidak sedap, stinky tofu merupakan camilan yang populer dan mudah ditemukan di Taiwan.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.