Kuliner

4 Camilan Tradisional Bertabur Wijen dari Berbagai Daerah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Camilan tradisional identik dengan isian atau taburan kelapa parut, gula merah (kinca), dan gula halus. Tetapi, tak jarang juga kita menemukan kudapan atau kue tradisional yang bertabur biji wijen dengan rasa yang tentu saja tak kalah lezatnya dengan topping atau isian lain. Sebut saja onde-onde yang sangat populer di daerah Jawa Barat. Nah, selain onde-onde, ada juga kudapan lain yang bertabur wijen dan untungnya bisa dengan mudah kamu temukan. Mau tahu apa saja kudapan tersebut? Setidaknya ada empat yang perlu kamu ketahui:

Baca Juga:

Geti Wijen

camilan atau kue tradisional geti wijen
Source: instagram.com/dapur_susmi

Camilan tradisional ini berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Dikenal dengan nama geti wijen, kudapan ini berbahan dasar gula Jawa yang dicampur dengan jahe dan wijen. Cara memasaknya pun terbilang sederhana. Hanya perlu melelehkan gula jawa kemudian diguyurkan ke loyang bersama bahan-bahan lain. Setelah itu, biarkan adonan mengeras sebelum bisa disantap. Karena berbahan dasar gula, tentu saja rasa kue tradisional ini manis legit. Tetapi, kamu bisa menetralkan rasanya dengan meminum teh tawar.

Kue Manco

kue manco kudapan tradisional
Source: instagram.com/dapoersikoko

Kue tradisional ini mudah ditemukan di daerah Purbalingga, Trenggalek, dan Madiun. Bentuknya pun cukup beragam, ada yang lonjong hingga segitiga. Bahan dasar camilan tradisional ini adalah campuran adonan tepung beras dan tepung ketan yang dijemur terlebih dahulu kemudian digoreng. Setelah matang, kue manco dilumuri dengan gula Jawa cair lalu ditaburi wijen. Dari segi tekstur, camilan tradisional khas Indonesia ini memiliki tekstur yang renyah di luar tapi kenyal di dalam. Biasanya, kue manco disantap sebagai teman minum kopi.

Roti Gambang

roti gambang camilan atau kue tradisional khas betawi
Source: instagram.com/foodrecipesindonesia

Masih ingat dengan roti tradisional yang masuk daftar roti terenak di dunia? Ya, roti gambang jawabannya! Kue tradisional khas Betawi ini memiliki rasa yang bakal manjain lidah kamu. Berbahan dasar tepung terigu, roti gambang memiliki warna coklat pekat yang berasal dari gula Jawa sebagai salah satu bahan utamanya. Selain dijadikan teman minum kopi atau teh, roti gambang bisa menjadi camilan mengenyangkan yang bisa kamu bawa kemana-mana untuk mengganjal perut ketika lapar.

Baca Juga:

Keciput

keciput kudapan atau camilan bertabur wijen khas indonesia
source: instagram.com/resepkueterbaru

Kue tradisional ini bisa dibilang versi mininya onde-onde. Seperti onde-onde, keciput terbuat dari tepung ketan dengan campuran bahan lain seperti tepung kanji. Proses memasaknya pun digoreng, hanya saja keciput tidak memiliki isian dan memiliki tekstur yang renyah dan padat. Camilan bertabur wijen ini mudah ditemukan di Kudus. Selain disantap di hari-hari biasa, keciput juga sering menjadi suguhan saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.