Internasional Seni

4 Destinasi Seni dalam Film Midnight in Paris

Pinterest LinkedIn Tumblr

Midnight in Paris adalah sebuah film yang disutradarai oleh Woody Allen dan dirilis sejak tahun 2011. Film komedi romantis ini mengisahkan seorang tokoh bernama Gil yang pergi ke Paris untuk urusan bisnis. Di film tersebut menampilkan banyak tempat-tempat seni dan bersejarah nan indah di Prancis yang menjadi latarnya. 4 di antaranya terangkum dalam ulasan berikut ini.

Monet’s Garden

Monet's Garden
Image credit: Bethany Evans (flickr.com)

Film Midnight in Paris diawali dengan berbagai lokasi indah di Prancis. Salah satunya adalah Monet’s Garden yang berada Giverny. Taman ini terkenal melalui lukisan impresionisme karya Claude Monet. Ia sendiri adalah penduduk di Giverny dari tahun 1883 hingga 1926.

Kini Monet’s Garden dikunjungi banyak turis dari berbagai negara karena pemandangannya yang menenangkan. Spot paling terkenal adalah jembatan hijau yang muncul dalam lukisan Monet. Kita pun bisa melakukan reservasi untuk private tours selama satu jam ketika mengunjungi taman ini.

Château de Versailles

Versailles
Image credit: Claude ROZIER (flickr.com)

Dalam satu adegan di Midnight in Paris, sang tokoh utama, Gil Pender bersama tunangannya, Inez, berjalan-jalan di depan air mancur di taman yang begitu luas. Kemudian seorang karakter bernama Paul menceritakan tentang sejarah Prancis secara sekilas. Latar adegan tersebut merupakan taman di Château de Versailles yang menawan. Château de Versailles adalah komplek istana kerajaan yang dibangun di pedesaan Versailles. Lokasi ini menjadi primadona para traveler di seluruh dunia ketika datang ke Prancis.

Château de Versailles dibangun sejak tahun 1682, ketika Prancis di bawah pemerintahan Raja Louis ke-14. Ia sangat memerhatikan keindahan detail di setiap suduh istana, mulai dari arsitektur, interior, hingga eksterior taman. Salah satu yang menjadi favorit adalah Hall of Mirrors, sebuah ruangan bergaya rococo dengan cermin yang mengelilingi dindingnya. Ruangan ini memiliki nuansa emas, ditambah dengan beberapa lampu chandelier yang menggantung menambah suasana mewah Château de Versailles.

Musée Rodin

Musee Rodin
Image credit: Paris Breakfast (flickr.com)

Lokasi lainnya dalam film Midnight in Paris adalah Musée Rodin. Masih dalam adegan ketika Gil dan Inez berjalan-jalan ditemani Paul, mereka mengunjungi museum yang menampilkan karya-karya patung buatan Auguste Rodin. Rodin adalah pemahat asal Prancis yang berkarya pada akhir abad ke-19.

Musée Rodin sendiri telah dibuka sejak tahun 1919. Ratusan ribu pengunjung datang setiap tahunnya untuk menikmati secara langsung karya-karya patung Rodin dan mengenal sejarahnya. Bangunan Musée Rodin pun masih memertahankan arsitektur lamanya.

Musée des Arts Forains

Image credit: J is for Jetsetter (flickr.com)

Plot paling menarik dalam film Midnight in Paris adalah ketika Gil kembali ke masa lalu, sekitar tahun 1920-an. Di dalam adegan tersebut, Gil bertemu dengan Adriana dalam sebuah pesta bernuansa carnival. Latar tempat adegan tersebut adalah Musée des Arts Forains.

Musée des Arts Forains adalah sebuah museum pribadi milik Jean-Paul Favand. Museum yang dibuka sejak tahun 1996 ini, memamerkan koleksi carnival tahun 1850 hingga 1950. Terdapat belasan wahana hiburan, dan ragam atraksi lainnya.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.