Kuliner

4 Kuliner Tradisional Ini Hanya Ada di Malang Lho!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia memiliki beragam jenis kuliner tradisional. Bahkan ada juga hidangan tradisional yang hanya bisa kamu cicipi jika mendatangi daerah asalnya saja. Contohnya adalah empat kuliner khas Malang berikut ini yang keberadaannya ternyata sudah mulai langka dan hanya bisa kamu santap jika datang ke sana saja. Apa saja makanan tradisional nan langka asal Malang itu? Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Baca Juga:

Orem-orem

kuliner tradisional malang ini bernama orem orem
Image source: @the.lucky.belly

Kuliner tradisional Malang ini terbuat dari tempe dan tahu yang dimasak bersama kuah santan dan rempah khas nusantara. Orem-orem memiliki rasa yang pedas dan biasanya disajikan bersama potongan lontong atau nasi. Supaya lebih enak, potongan telur rebus, ayam goreng, dan tauge juga ditambahkan sebagai bahan pelengkap. Kamu hanya bisa mencicipi orem-orem jika datang ke Malang saja ya!

Sate Gebuk

sate gebuk kuliner tradisional malang
Image source: @mkglapiazza

Malang juga punya hidangan sate yang khas lho! Namanya sate gebuk. Sate ini bisa dibilang agak berbeda dari sate pada umumnya. Sate gebuk memang berbahan dasar daging sapi, tapi cara pengolahannya yang sedikit berbeda. Daging sapi digebuk terlebih dahulu atau dipukul-pukul dengan kayu agar dagingnya lebih empuk. Setelah itu, daging pun siap dibakar hingga matang lalu disajikan bersama bumbu kecap yang pedas. Masyarakat lokal biasanya menyantap kuliner tradisional ini sebagai lauk pendamping nasi.

Baca Juga:

Tempe Bungkil

tempe bungkil kuliner khas malang
Image source: @firtahapsariapsari

Umumnya bahan dasar dalam pembuatan tempe adalah kedelai, tapi  berbeda dengan tempe bungkil yang berbahan dasar kacang tanah. Karena itulah kuliner tradisional ini sering disebut juga tempe kacang. Cara pengolahannya yaitu kacang tanah direbus lalu diperas hingga minyaknya terkuras. Setelah itu, kacang tanah diberi ragi lalu didiamkan. Di Malang sendiri, tempe bungkil biasanya dimasak dengan cara dibalut tepung yang telah diberi bumbu bawang putih dan kunir lalu digoreng. Tempe bungkil goreng lebih nikmat rasanya bila disantap bersama cabe rawit.

Soto Lombok

soto lombok kuliner tradisional malang
Image source: @ny.rempong

Meskipun namanya soto Lombok, kuliner tradisional ini sebenarnya berasal dari Malang. Nama Lombok sendiri diambil dari nama warung soto yang berada di Jalan Lombok, Malang. Seporsi soto ini berisi nasi yang dicampur bersama ayam kampung suwir, tauge, telur, kentang, dan kol. Semua isian kemudian disiram dengan kuah soto panas. Bubuk koya yang gurih menjadi topping tambahan untuk meningkatkan cita rasanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.