Kesehatan Kuliner

4 Makanan Ringan Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Selama #dirumahaja

Pinterest LinkedIn Tumblr

Untuk memutus penyebaran virus corona, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk #dirumahaja. Nah, waktu yang kamu habiskan di rumah bisa kamu gunakan untuk meningkatkan imunitas. Caranya bisa dengan berolahraga, mengonsumsi vitamin, dan makan makanan yang bergizi. Selain itu, kamu juga bisa lho meningkatkan imun tubuh melalui camilan atau makanan ringan. Camilan tidak melulu mengandung kalori tinggi dan tidak ada nutrisinya,contohnya ada empat makanan ini yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

Baca juga:

Kacang Almond

kacang almond, makanan ringan untuk tingkatkan imunitas
Source: hellosehat.com

Menurut Journal Science of Food and Agriculture yang diterbitkan tahun 2006, kacang almond mengandung vitamin E yang tinggi sekaligus lemak sehat yang bisa menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan jenis kacang ini sebagai makanan ringan yang dapat meningkatkan imunitas. Setidaknya mengonsumsi 46 butir almond kupas dapat memenuhi 100% asupan vitamin E harian lho!

Kuaci

kuaci makanan ringan yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh
source: freeimages.com

Sudah tahu kan kalau kuaci mengandung vitamin E? Nah jenis vitamin ini bisa meningkatkan imunitas. Hal ini juga dipaparkan dalam Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agents yang terbit tahun 2013. Jurnal tersebut mengungkap bahwa vitamin E berperan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan tetap terjaga dengan baik. Karena kuaci mengandung jenis vitamin ini, kamu bisa mengonsumsinya sebagai makanan ringan selagi #dirumahaja.

Ubi Rebus

ubi rebus atau kukus baik untuk daya tahan tubuh
Source: cuisinebank.com

Senyawa nabati atau beta-karoten yang terkandung dalam ubi dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Nah, vitamin ini juga tak kalah penting untuk meningkatkan imunitas sekaligus menjaga kadar darah dan selaput lendiri di lapisan usus. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, bila seseorang kekurangan vitamin A, maka usus akan mudah terkena peradangan dan daya tahan tubuh pun akan menurun. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan tubuh asupan vitamin A dengan mengonsumsi ubi rebus sebagai makanan ringan ya!

Yogurt

yogurt tingkatkan imunitas
Source: halodoc.com

Vitamin D juga penting untuk meningkatkan imunitas dan ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi secangkir yogurt. Kandungan vitamin D dalam minuman fermentasi ini dapat mengatur sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari serangan bakteri dan virus berbahaya. Kalau hasrat ingin ngemil kamu tinggi tapi ingin tetap sehat, coba deh pilih yogurt sebagai makanan ringan kamu. Makanan atau minuman berfermentasi lain juga baik untuk tubuh seperti kefir yang dapat menghalau serangan penyakit perusak imun tubuh.

Baca juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.