Kuliner

4 Olahan Nasi Berisi yang Bikin Kamu Langsung Kenyang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak olahan sederhana yang bisa bikin kamu langsung kenyang, salah satunya yaitu olahan nasi berisi. Kalau kalian suka masakan Jepang, contoh dari olahan ini ialah sushi. Karbohidrat dalam sushi serta isiannya bisa bikin perut kamu terasa penuh setelah menyantapnya. Sebenarnya, selain sushi, ada lagi olahan nasi berisi yang bakal manjain perut kamu tanpa harus makan banyak. Indonesia juga punya lho olahan seperti ini. Mau tahu apa saja olahan tersebut? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Onigiri

Bukan hanya sushi yang berasal dari Jepang, tapi juga onigiri. Olahan nasi berisi ini memiliki isian yang beragam, dari mulai ayam, ikan, dan daging. Cara membuatnya terbilang mudah. Nasi dan ketan dicampur kemudian dimasak hingga matang setelah itu diberi isian pada bagian tengahnya dan dikepal  berbentuk segitiga menggunakan tangan. Jangan lupa tambahkan nori atau rumput laut pada bagian bawahnya.  Mengonsumsi satu buah onigiri saja bakal bikin kamu cepat kenyang deh!

Cifantuan

Image source: theworksoflife.com

Mau cepat kenyang? Makan saja olahan nasi berisi khas Tiongkok ini. Cifantuan berbentuk lonjong memanjang dan memiliki isian cakwe atau daging cincang yang telah dibumbui. Sama halnya seperti onigiri, bahan utamanya adalah nasi yang bercampur dengan ketan dan dimasak hingga matang. Sebenarnya, cifantuan tidak harus dibentuk lonjong memanjang. Ada juga cifantuan yang dibentuk bulat.

Arem-arem

Image source: selerasa.com

Kalau olahan nasi berisi satu ini asli dari Indonesia, tepatnya daerah Jawa. Rupanya seperti lemper dan dibungkus dengan daun pisang. Olahan nasi ini memiliki isian yang cukup beragam, dari mulai sayuran hingga daging ayam dan sapi yang sudah dibumbui. Bahan dasarnya dari beras yang dikukus, arem-arem memiliki bentuk dan ciri khas tersendiri. Hidangan ini pun sering disajikan sebagai sajian sarapan yang sederhana agar perut cepat kenyang.

Samgak Kimbap

Image source: @lemonjelly123

Olahan nasi ini berasal dari Korea Selatan yang bentuknya mirip seperti onigiri. Yang membedakan ialah bahan dasarnya. Bila onigiri menggunakan campuran beras ketan, sedangkan samgak kimbap hanya menggunakan nasi tanpa campuran apapun. Untuk membuat olahan nasi berisi ini, nasi dicampur dengan cuka, garam, dan gula kemudian diberi isian tuna mayo atau kimchi. Setelah selesai, seluruh permukaan ditutupi oleh rumput laut. Samgak kimbap yang berbahan dasar nasi tentu saja akan bikin kamu kenyang tanpa menyantap hidangan berat terlebih dahulu.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.