Kuliner

5 Bahan Makanan yang Tahan Lama, Persediaan Selama #dirumahaja

Pinterest LinkedIn Tumblr

Selama wabah coronavirus atau COVID-19 masih belum reda, sebaiknya kamu memang tetap diam #dirumahaja. Tetapi, kalau memang misalnya perlu, kamu sebaiknya mengenakan masker. Apalagi sejak tanggal 5 April, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk mengenakan masker dengan tiga lapisan pelindung. Nah, untuk mengantisipasi supaya kamu gak sering keluar rumah untuk nyari makanan, sebaiknya kamu menyimpan bahan makanan yang tahan lama. Selain mudah diolah, kamu pun bisa menjadikannya sebagai menu makanan sehat. Apa saja bahan tersebut? Ini dia ulasannya!

Baca Juga:

Pasta

pasta bahan makanan tahan lama
Source: countryliving.com

Bahan makanan ini memiliki usia simpan yang tahan lama. Selain itu, jenisnya pun sangat beragam, dari yang berbahan dasar gandum, gluten free, hingga terbuat dari kacang-kacangan. Karena itulah, mudah sekali untuk menyesuaikan pasta dalam menu harian kamu. Bukan cuman itu saja, pasta juga mudah diolah dan cocok dikombinasikan dengan berbagai bahan tambahan sesuai selera. Jangan lupa tambahkan saus pasta yang pasti akan bikin hidangan ini tambah enak.

Bawang Putih

Bawang putih bahan alami
Source: instagram.com/diyetisyenecemersen

Diam #dirumahaja bisa kamu manfaatkan untuk memasak berbagai hidangan yang lezat. Untuk membuat makanan tersebut, jangan lupa bahan makanan penyedap seperti bawang putih. Selain tahan lama dan bisa disimpan di suhu ruangan, bawang putih juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, karbohidrat, protein, serat, selenium, dan kalsium.

Sayuran Beku

sayuran beku bahan makanan awet
Source: southernliving.com

Ini merupakan alternatif dari sayuran segar yang tidak bisa tahan lama jika disimpan. Tidak perlu khawatir, sayuran beku juga memiliki nutrisi yang sama seperti sayuran segar seperti yang dipaparkan dalam penelitian yang dilakukan oleh University of California. Kamu juga tidak akan sulit menemukan bahan makanan ini. Mulai dari jagung, wortel, kacang polong, hingga bayam bisa kamu simpan untuk persediaan selama kamu #dirumahaja.

Ikan Kalengan

tuna kalengan tahan lama
Source: oceana.org

Ikan kalengan seperti sarden dan tuna ternyata memiliki kualitas yang baik seperti ikan segar. Sebagai bahan makanan, ikan kalengan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu mengolahnya pun sangatlah mudah. Bisa dimasak bersama sayur, ditumis bersama saus rempah, dijadikan sebagai campuran spaghetti atau nasi goreng, dll.

Oat

oat tahan lama disimpan
Source: spiceee.net

Satu lagi bahan makanan yang bisa disimpan dan tahan lama, yaitu bisa mencapai 24 bulan bila disimpan dalam suhu ruang. Oat memiliki  nutrisi yang baik untuk tubuh dan bisa dikreasikan menjadi hidangan yang menggugah selera. Selain dijadikan oatmeal, oat juga bisa menjadi bahan dasar untuk membuat muffin dan roti lho!

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.