Kesehatan

5 Fakta Ilmiah Ini Buktikan Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Traveling

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu hobi traveling? Atau setiap habis liburan dan berjalan-jalan, kamu selalu merasa mood kamu menjadi lebih baik? Semua itu bukan tanpa alasan lho! Liburan atau melakukan perjalanan ke suatu tempat ternyata memiliki manfaat kesehatan. Hal ini pun telah dibuktikan dalam lima fakta ilmiah berikut yang dilansir dari NBC News:

Tingkatkan Kepuasaan Hidup dan Lebih Bahagia

traveling membuat bahagia
Source: intelligentliving.co

Cornell University merilis studi yang mengungkap bahwa orang-orang cenderung lebih bahagia saat traveling atau liburan. Dalam situasi tersebut mereka tidak mencemaskan pekerjaan atau kesibukan lain dan lebih banyak beristirahat. Oleh karena itu suasana hati mereka menjadi lebih baik. Manfaat kesehatan ini tentu berdampak positif pada kondisi mereka. Malah, mereka bisa merasakan manfaat tersebut saat masih menyusun itinerary.

Tingkatkan Kesehatan

Berdasarkan studi dari hasil kolaborasi antara Global Commission on Aging and Transamerica Center for Retirement Studies dan U.S Travel Association, traveling memiliki manfaat kesehatan seperti dapat menurunkan risiko serangan jantung dan kematian. Dalam studi tersebut juga dipaparkan bahwa wanita yang liburan setidaknya dua kali dalam satu tahun memiliki risiko terkena serangan jantung lebih rendah daripada berlibur hanya sekali dalam waktu enam tahun atau lebih. Sedangkan untuk pria, mereka yang tidak mengambil cuti tahunan untuk berlibur memiliki risiko kematian 20% dan berisiko terkena serangan jantung 30% lebih tinggi.

Lebih Kreatif

tingkatkan kreativitas menjadi manfaat kesehatan berdasarkan fakta ilmiah ini
Source: workwiseasia.com

Profesor Adam Galinsky dari Columbia Business School memaparkan bahwa traveling, khususnya ke tempat yang belum pernah dikunjungi bisa meningkatkan sisi kreativitas seseorang. Profesor Galinsky juga menjelaskan bahwa pengalaman baru yang didapat dari tempat asing tersebut memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan fleksibilitas, pemikiran, dan kedalaman kognitif yang berpadu. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah dalam beradaptasi dalam membentuk hubungan baru dengan kondisi yang berbeda-beda.

Hilangkan Stres

Zoya Amirin, M. Psi, FIAS yang berprofesi sebagai seksolog klinis menjelaskan bahwa traveling atau liburan bisa membuat orang menjadi lebih nyaman dan menghilangkan ketegangan. Pada dasaranya berlibur dapat meningkatkan hormon kebahagian yang juga dapat difungsikan sebagai natural painkiller. Hormon ini juga bisa dihasilkan melalui aktivitas lain seperti diving dan olahraga. Ada juga fakta ilmiah lain yang mengatakan bahwa berlibur saat long weekend dapat memberi manfaat kesehatan seperti mengurangi stres, membantu memulihkan diri, dan mengurangi rasa tegang.

Menurunkan Risiko Depresi

Source: sundaysforever.com

Manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari traveling adalah dapat menurunkan risiko depresi. Tekanan pekerjaan dan ekspektasi bisa menjadi pemicu depresi. Namun, menurut studi dari Klinik Marshfield di Wisconsin, Amerika Serikat mengatakan wanita yang berlibur setidaknya dua kali setahun dapat menurunkan risiko depresi dan stres kronis bila dibandingkan dengan yang berlibur hanya sekali dalam dua tahun.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.