Asal-usul Seni dan Budaya

5 Fakta Menarik tentang Medina Azahara, Kota Tua Islam di Cordoba, Spanyol

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cordoba, sebuah kota di Spanyol selatan, menyimpan peninggalan kejayaan peradaban Islam di masa lalu. Di kota yang didirikan pada masa Romawi Kuno ini, terdapat sebuah situs arkeologi dari abad pertengahan bernama Medina Azahara.

Medina Azahara merupakan reruntuhan kota milik Andalusia yang dibangun oleh Dinasti Umayyah. Ada banyak hal menarik tentang reruntuhan kota tua yang indah ini. Ada apa saja? Yuk intip dalam ulasan berikut ini!

Dibangun Sejak Tahun 936

Medina Azahara
Image credit: Madinat al-Zahra Archaeological Site (CAMaZ)

Kota tua Medina Azahara mulai dibangun sejak tahun 936 hingga 940. Di dalamnya terdapat berbagai bangunan publik seperti masjid, kantor administrasi dan pemerintahan, tempat resepsi seremonial, barak, tempat tinggal, pemadian, dan taman-taman.

Hancur Karena Perang Saudara

Medina Azahara kehilangan keindahannya sejak hancur selama perang saudara perlangsung di tahun 1009 hingga 1010. Perang saudara ini pun menjadi pertanda akhir dari kekhalifahan yang berjaya di Cordoba.

Reruntuhan kota ini pun terbengkalai hingga hampir 1.000 tahun lamanya. Baru di abad ke-20, reruntuhan ini ditemukan kembali dan dipugar, serta dilindungi sebagai sebuah situs bersejarah.

Kota yang Maju Dalam Ilmu Pengetahuan

Medina Azahara
Image credit: turismodecordoba.org

Pada masa kejayaannya, berbagai ilmu pengetahuan banyak berkembang di Medina Azahara. Di antaranya ilmu matematika, astronomi, kedokteran, kesusasteraan, serta filsafat. Dari peninggalan bangunan yang tersisa, kita pun dapat melihat bahwa ilmu arsitektur sangat perkembang di sini.

Berbagai ornamen dan relief banyak ditemukan di reruntuhan bangunannya. Ada beberapa relief yang masih tersisa memiliki corak ornamen arabesque yang menjadi ciri khas seni rupa Islam.

Kontur Tanah Bertingkat yang Indah

Image credit: Madinat al-Zahra Archaeological Site (CAMaZ)

Jika kita perhatikan, situs Medina Azahara terdiri dari beberapa tingkatan. Pada tingkatan paling bawah, terdapat reruntuhan bekas taman-taman dan kolam. Sementara di bagian puncaknya merupakan tempat dahulu istana berdiri.

Dari bagian puncak, kita bisa melihat panorama yang indah dari ketinggian. Bisa dibayangkan dahulu istana ini dirancang sedemikian rupa agar mendapatkan pemandangan yang begitu indah.

Situs Warisan Dunia yang Dilindungi UNESCO

Medina Azahara
Image credit: civitatis.com

Kini Medina Azahara menjadi salah satu tempat bersejarah yang dilindungi. Pada 1 Juli 2018, situs ini terdaftar sebagai Warisan Budaya Unesco. Tempat ini pun menjadi destinasi yang ramai dikunjungi berbagai pelancong.

Untuk menuju ke sana, terdapat sebuah bus wisata yang mengantarkan para turis. Tak ketinggalan seorang guide yang akan menjelaskan kisah bersejarah dan detil di Medina Azahara. Di sini pun terdapat sebuah museum yang menyimpan informasi sejarah dan artefak peninggalan kejayaan Cordoba.

Baca juga Mengenal Asal-Usul Peta

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.