Kuliner

5 Fakta Si Pedas Wasabi yang Perlu Kamu Ketahui

Pinterest LinkedIn Tumblr

Fakta apa yang kamu ketahui tentang wasabi? Berasal dari Jepang? Rasanya yang sangat pedas? Saus penyerta sushi? Sebenarnya ada hal lain yang menarik untuk dibahas tentang pasta hijau pedas tersebut. Apa saja itu? Yuk simak lima hal menarik tentang wasabi yang perlu kamu ketahui!

Tanaman yang Sulit Tumbuh

faktanya tanaman wasabi sulit untuk dikultivasi
Image source: @kiyosawa_wasabi

Wasabia japonica atau nama latin dari tanaman wasabi ditemukan pada abad ke-10 di Jepang dan biasanya tumbuh di sungai di daerah pegunungan yang teduh atau tempat-tempat dingin lainnya. Selain tidak bisa terkena langsung cahaya matahari, tanaman wasabi akan tumbuh subur di suhu 7 hingga 21 derajat Celsius. Fakta menariknya, tanaman ini sulit untuk tumbuh atau dikultivasi. Padahal, menurut Real Wasabi, perusahaan yang membudidayakan dan mengimpor wasabi, banyak penanam dari Amerika Serikat, Taiwan, Cina, dan negara lain yang berminat pada tanaman ini. Permintaan yang meningkat dan penanaman yang sulit membuat harga jual wasabi menjadi cukup tinggi.

Wasabi ‘Jadi-Jadian’

fakta nya bubuk atau pasta wasabi yang kamu beli bisa saja palsu
Image source: flickr.com/kattebelletje

Masih berkaitan dengan fakta pertama. Karena permintaan yang meningkat dan persediaan yang sedikit, harga wasabi terbilang mahal. Tidak heran bila kebanyakan pasta dan bubuk wasabi yang kamu temui di supermarket mengandung sedikit sekali wasabi di dalamnya atau tidak ada sama sekali. Untuk menyerupai rasa wasabi, penjual biasanya menggunakan lobak pedas (horseradish), mustard, pewarna makanan, dan bahan lainnya. Lantas bagaimana cara memastikan bahwa wasabi yang kamu beli bukan ‘jadi-jadian’? Periksa daftar bahan yang digunakan. Bila di urutan pertama bukan wasabi atau wasabi japonica, maka itu bukan wasabi asli. Biasanya sih pasar khusus atau restoran mewah selalu menyajikan wasabi asli.

Famili Brassicaceae

fakta selanjutnya wasabi termasuk famili Brassicaceae
Image source: @otoanog

Fakta berikutnya yaitu wasabi merupakan bagian dari Brassicaceae atau keluarga kubis-kubisan yang meliputi kubis, lobak pedas, dan mustard. Terkadang juga wasabi disebut lobak pedas Jepang meskipun kedua tanaman tersebut tidak sama.

Sumber Energi

Menurut Dr. Joseph Mercola, dokter osteopati, tanaman wasabi memiliki kandungan anti inflamasi, antimikroba, kalium, kalsium, dan vitamin C. Selanjutnya, majalah Chemical & Engineering News menambahkan, wasabi memiliki isotiosianat (senyawa organik yang ditemukan dalam beberapa tanaman rempah) yang berfungsi untuk menangkal berbagai gejala penyakit, seperti kanker, asma, alergi, inflamasi, dan penyakit neurodegeneratif.

Selain itu, wasabi juga mengandung allyl isothiocyanate, minyak tak berwarna yang memberikan rasa pedas pada wasabi. Kandungan ini dianggap ampuh sebagai insektisida dan bakteriosida untuk memberantas serangga atau bakteri makanan.

Rasa yang Cepat Hilang

Image source: @foodloversindia

Pasta wasabi asli akan kehilangan rasanya sekitar 15 menit bila ditaruh di wadah terbuka. Oleh karena itu, parut wasabi sesuai kebutuhan agar rasanya tetap terjaga. Kenapa diparut? Secara tradisional, wasabi diproses dengan cara diparut dengan oroshiki  atau parutan yang tebuat dari kulit ikan hiu. Tekstur parutannya seperti amplas yang halus sehingga parutan wasabi yang dihasilkan pun akan halus juga.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.