Event

5 Festival Musik Hits Indonesia yang Digelar Tiap Tahun

Pinterest LinkedIn Tumblr

Musik tidak terlepas dari kehidupan manusia. Mendengarkan musik dapat membangkitkan berbagai sensasi dan perasaan yang diterjemahkan para musisi melalui karya-karyanya. Menyaksikan konser musik juga menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi setiap orang. Berbagai konser atau festival musik tahunan pun banyak digelar di Indonesia. Berikut ini 5 festival musik yang rutin digelar setiap tahun dan wajib kamu jadwalkan.

Java Jazz

Festival Musik
Image credit: instagram.com/javajazzfest

Jakarta International Java Jazz, atau yang lebih populer dengan Jaza Jazz, adalah festival tahunan musik jazz yang diselenggarakan di Jakarta. Sejak tahun 2005, Java Jazz sudah rutin diselenggarakan setiap bulan Maret. Berbagai musisi jazz internasional mengisi line up Java Jazz dari tahun ke tahun, seperti Dave Koz, Brad Mehldau, Quincy Jones, James Brown, dan masih banyak lagi. Selain itu, sejumlah musisi dalam negeri turut memeriahkan festival jazz terbesar di Indonesia ini, seperti Barry Likumahuwa Project, Sheila Majid, Sandy Winarta Quartet, dan lainnya.

Hellprint

Image credit: hellprintofficial.com

Hellprint merupakan satu-satunya festival heavy metal terbesar di Asia Tenggara. Festival yang diselenggarakan di Bandung ini, selalu dinanti-nantikan para pecinta musik cadas dari berbagai kota. Digelar sejak tahun 2011, Hellprint telah menampilkan ratusan band beraliran keras seperti Burgerkill, Forgotten, Jeruji, Jasad, dan masih banyak lagi.

Prambanan Jazz

Image credit: instagram.com/prambananjazz

Jika ingin menikmati keindahan panorama Candi Prambanan sambil temani musik jazz, Prambanan Jazz Festival adalah momen yang paling tepat. Festival ini telah diselenggarakan sejak tahun 2015 dengan mengundang puluhan musisi jazz papan atas seperti Kenny G., Boyz II Men, Sarah Birghtman, Boyzone, dan lainnya.  Tak ketinggalan para musisi jazz Indonesia seperti Tompi, Tohpati, Glenn Fredly, Tulus, turut menyemarakkan festival ini bersama sejumlah penyanyi dalam negeri lainnya. Di tahun 2017, festival ini mengadakan “Prambanan Jazz Awards”. Acara  tersebut menjadi ajang penganugerahan bagi musisi-musisi lokal terbaik.

Djakarta Warehouse Project (DWP)

DWP
Image credit: rukes.com

Djakarta Warehouse Project (DWP) tidak terlepas dari pengaruh masuknya musik beraliran Electronic Dance Music (EDM) ke Indonesia. Pada tahun 2008, DWP menggelar event untuk pertama kali di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta. Meski tetap mengambil unsur nama ‘Jakarta’, DWP tahun 2018 digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Bali. Dengan menghadirkan suasana nightclub, DWP menggandeng sejumlah musisi electopop internasional seperti Calvin Harris, Avicii, David Guetta, Alan Walker, Afrojack, The Weeknd, dan puluhan nama musisi lain dari berbagai negara.

Soundrenaline

Image credit: instagram.com/darksideofstage

Sempat vakum di tahun 2010, Soundrenaline kembali penyemarakkan dunia panggung musik Indonesia. Soundrenaline menjadi festival musik yang menyatukan musisi-musisi dari berbagai aliran. Festival ini sudah digelar sejak tahun 2002, dengan menampilkan berbagai musisi baik dari dalam mau pun luar negeri. Setiap tahunnya, Soundrenaline selalu memberikan pengalaman festival kelas dunia dengan kualitas tata panggung yang begitu memukau. Tak heran jika Soundrenaline menjadi event musik yang dinantikan para penikmat musik lintas genre.

Baca artikel terkait 4 Event Tahunan Seni Rupa yang Wajib Kamu Hadiri

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.