Kuliner

5 Jenis Bento Ini Bisa Jadi Ide Bekal Untuk Suami

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bento merupakan kudapan dari Jepang untuk bekal yang praktis dibawa. Biasanya berisi nasi dengan lauk-pauk lengkap dan disusun dalam sebuah wadah makanan yang dapat dibawa ke mana-mana. Lauk-pauk dalam bento biasanya dipilih dan disusun dengan cantik agar menggungah selera makan. Makanan yang satu ini pun bisa jadi ide bekal untuk suami atau anak-anak di sekolah.

Di Jepang ada berbagai jenis bento yang terkenal. Dalam ulasan kali ini, Holamigo merangkum 5 jenis bento yang bisa jadi ide bekal keluarga tercinta. Ada apa saja? Yuk baca ulasan berikut ini.

Ekiben

Image credit: WordRidden (flickr.com)

Secara bahasa, ekiben berasal dari kata eki (stasiun kereta) dan bento (bekal makanan). Ekiben pada umumnya dijual di stasiun-stasiun kereta di Jepang. Biasanya menu untuk ekiben bermacam-macam, mulai dari cumi-cumi kukus, ikan, hingga jamur-jamuran. Ekiben cocok untuk bekal suami ketika melakukan perjalanan antar kota.

Makunouchi

bento bekal untuk suami
Image credit: Autan (flickr.com)

Bento yang satu ini sudah dikenal sejak Zaman Edo loh. Makunouchi biasanya berisi ikan, daging, telur, sayur, buah ume, dan asinan. Tak lupa didampingi dengan nasi, sushi, dan sup daging. Bento ini memiliki variasi makanan lebih banyak dibandingkan lainnya. Makunouchi pun bisa dijadikan ide bekal suami untuk makan siang yang mengenyangkan.

Noriben

bento bekal untuk suami
Image credit: franktastes.wordpress.com

Seperti namanya, noriben berupa nasi putih yang ditutup dengan nori. Sebelum disajikan, nori tersebut dicelupkan ke dalam kecap asin. Untuk penampingnya, biasanya noriben disajikan dengan ikan, udang, dan sayuran.

Hinomaru

Image credit: mamichan (flickr.com)

Bento hinomaru bentuknya sangat sederhana, hanya nasi putih dengan sebuah umeboshi (asinan dari buah ume) yang disimpan di bagian tengah nasi. Nama dan bentuk hinomaru diambil dari bendera Jepang yang berwarna putih dengan lingkaran merah di bagian tengahnya.

Kyaraben

Image credit: gamene (flickr.com)

Bento yang satu ini sangatlah cantik. Pasalnya, seluruh komposisi dalam kyaraben dihias dan dibentuk seperti tokoh dalam anime, manga, hewan, tumbuhan, dan lainnya. Budaya menghias kyaraben untuk bekal suami dan anak di kalangan ibu rumah tangga di Jepang sudah populer sejak puluhan tahun yang lalu.

Baca juga Mengenal 4 Jenis Roti Yang Masih Belum Banyak Diketahui

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.