Kesehatan

5 Kesalahan Cheating Day Ini Bisa Jadi Penyebab Gagal Diet Lho!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu tengah menjalankan program diet atau penurunan berat badan? Pasti sudah gak asing dong dengan istilah cheating day atau hari di mana kamu bisa makan yang kamu suka setelah menjalani diet ketat. Dalam satu minggu, kamu menjalani enam hari diet dan satu hari cheat day. Tetapi, bila kamu melakukan lima kesalahan dalam satu hari itu, bisa jadi penyebab gagal diet lho! Apa saja kesalahan tersebut? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Terlalu Banyak Makan

cheating day
Source: mentalfoodchain.com

Meskipun saat cheating day kamu bisa memakan makanan yang dipantang ketika diet, bukan berarti kamu boleh makan terlalu banyak. Jika tubuh mendapatkan asupan kalori yang berlebihan, kemungkinan besar dapat merusak program diet yang kamu jalani selama enam hari sebelumnya. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya berhentilah ketika kamu sudah merasa kenyang dan nikmati makanan tersebut dengan perlahan. 

Cheat Meal Lebih Baik

cheat meal mengurangi risiko penyebab gagal diet
Source: healthline.com

Daripada menyantap makanan yang kamu inginkan sepanjang hari, lebih baik santaplah makanan yang kamu inginkan satu kali saja. Dengan begitu, cheating yang kamu lakukan tidak berpotensi menjadi penyebab gagal diet.

Tidak Berolahraga

Tidak jarang orang merasa bersalah setelah menjalani cheating day. Apalagi mengingat asupan kalori yang kemungkinan besar melebihi dari yang dianjurkan saat program diet. Nah untuk menebus ‘dosa’ ini, jangan sampai kamu tidak berolahraga. Dengan olahraga, kamu bisa membakar kalori berlebih yang tersimpan dalam tubuh sekaligus menghindari penyebab gagal diet.

Terlalu Sering

Cheating day bisa menjadi penyebab gagal diet bila kamu melakukannya terlalu sering. Maka dari itu, pastikan kamu telah menentukan setiap hari apa kamu bisa cheating dari program diet kamu. Kalau perlu rencanakan juga makanan apa yang akan kamu santap di hari tersebut. Namun, tetap ingat ya untuk tidak melakukannya terlalu sering. Cukup satu kali saja dalam seminggu.

Menolak Cheating Day

menolak cheating day bisa jadi penyebab gagal diet
Source: health.detik.com

Mungkin banyak orang yang berpikir melakukan program diet ketat dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Dengan pola pemikiran seperti itu, mereka cenderung menghindari cheating day. Padalah proses penurunan berat badan yang sehat adalah dilakukan dengan cara bertahap dan tidak menyiksa tubuh kamu. Hindari berbagai aturan ketat dan lakukanlah cheat day dengan pola yang terkontrol. Dengan begitu, hari tersebut bukan menjadi penyebab gagal diet melainkan bagian yang penting dalam proses penurunan berat badan yang sehat.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.