Kuliner

5 Kudapan Berbahan Dasar Cokelat dari Berbagai Negara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih yang tidak menyukai kudapan berbahan dasar cokelat? Cokelat sudah menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Bahan ini pun bisa dikreasikan menjadi berbagai kuliner lezat yang menggugah selera. Tapi, tahukah kamu bahwa setiap negara memiliki makanan khas berbahan dasar cokelat yang berbeda-beda? Contohnya sebagai berikut:

Brigadeiro, Brazil

brigadeiro kudapan cokelat khas brazil
Image source: epicurious.com

Kudapan asal Brazil ini terbuat dari campuran bubuk cokelat, susu kental manis, dan mentega sehingga mudah untuk dibentuk menjadi bola-bola cokelat. Butiran cokelat meises biasanya digunakan sebagai topping, tapi sekarang camilan ini bisa dikreasikan dengan topping lainnya, seperti almond, orea, atau parutan kelapa. Brigadeiro  sendiri memiliki tekstur yang kenyal tapi lembut ketika kamu mengunyahnya.

Schwarzwalder Kirschtorte, Jerman

kudapan asal jerman ini bernama Schwarzwalder Kirschtorte
Image credit: @chefsatelier

Kudapan ini bisa disebut juga sebagai black forest. Schwarzwalder Kirschtorte biasanya ditambahkan  kirschwasser atau minuman beralkohol asal Jerman yang terbuat dari buah ceri. Kue ini juga memiliki beberapa lapisan yang diisi dengan whipped cream. Untuk sentuhan akhir, beberapa buah ceri digunakan sebagai topping.

Kladdkaka, Swedia

Image credit: @ladanhelsingborg

Kladdkaka atau kue lumpur cokelat yang berasal dari Swedia ini sekilas memang mirip brownies. Yang membedakan hanya bentuk dan isiannya saja. Kudapan ini biasanya diisi dengan cokelat yang kental dan lembut. Kue ini juga bisa disajikan dengan es krim atau whipped cream.

Sachertorte, Austria

Image credit: @scientifically.sweet

Nama dari kudapan nasional asal Austria ini diambil dari nama pembuatnya yaitu Franz Sacher. Sacher sendiri pertama kali membuat kue ini pada tahun 1832 khusus untuk tokoh terkemuka Austria, Pangeran Wenzel von Metternich. Di negara tersebut pun ada perayaan yang disebut Sachertorte Day yang diperingati setiap tanggal 5 Desember. Sachertorte memiliki dua lapisan yang bagian tengahnya diolesi selai apricot. Permukaan dan sisi kue dilapisi dengan cokelat hitam dan biasanya hanya disajikan dengan whipped cream saja.

Nanaimo Bars, Kanada

Image credit: @bluejeanchef

Nama kudapan ini diambil dari Kota Nanaimo yang terletak di Vancouver, Kanada. Sesuai namanya, nanaimo bars berbentuk potongan persegi kecil yangmemiliki tiga lapis. Lapisan pertama terbuat dari remah biscuit, kacang almond, dan parutan kelapa, sedangkan lapisan kedua berupa podeng yang dibuat dari campuran krim dan mentega. Lapisan terakhir diisi dengan lelehan cokelat tebal. Setelah tiga lapisan disusun, nanaimo bars yang utuh dimasukan ke dalam lemari pendingin hingga mengeras sebelum akhirnya dipotong kecil-kecil.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.