Kuliner

5 Kue Manis Khas Sulawesi Selatan Ini Cocok Jadi Menu Buka Puasa

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap wilayah di Indonesia memiliki kreasi kue manis yang menggugah selera. Sebut saja Sulawesi Selatan. Provinsi yang ibukotanya Makassar ini memiliki berbagai kreasi kue yang tidak hanya cocok untuk jadi kudapan sehari-hari tapi juga pas dijadikan sebagai menu buka puasa. Contohnya ada lima kue tradisional berikut yang pasti bakal bikin kamu ngiler deh!

Taripang

taripang, kue tradisional khas sulawesi selatan
Source: cookpad.com

Dari penampilannya sih terlihat sederhana seperti kebanyakan kue tradisional lainnya. Tetapi, taripang memiliki cita rasa yang lezat dan sering dijadikan camilan khas Bugis. Kue manis ini berbahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan gula aren dan garam. Cara pengolahannya yaitu digoreng dan mudah dipraktekan bila kamu ingin membuatnya sendiri di rumah.

Onde-onde

kue manis onde-onde bisa dijadikan menu buka puasa
Source: resephariini.com

Meskipun berasal dari Sulawesi Selatan, kue manis ini ternyata mudah ditemukan di kawasan lain seperti Pulau Jawa. Onde-onde terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diberi isian gula arena tau bisa dimodifikasi dengan isian lain. Kue tradisional ini juga cocok dijadikan sebagai menu buka puasa dan disantap sebagai teman minum teh atau kopi.

Pallu Butung

pallu butung kue tradisional khas sulawesi selatan
Source: butonmagz.id

Jenis kue manis khas Sulawesi Selatan ini bisa menjadi pilihan menu buka puasa. Bahkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Siapkan saja bahan-bahan seperti pisang raja, tepung terigu, gula pasir, santan kelapa, vanili, sirup DHT, dan garam. Oh ya, pallu butung juga nikmat disantap dingin maupun hangat.

Songkolo Bagadang

Source: socialviews.com

Sama seperti pallu butung, songkolo bagadang juga termasuk kue manis khas Sulawesi Selatan dengan pisang sebagai bahan dasarnya. Selain pisang, ada tambahan bahan lain seperti singkong dan kelapa parut. Songkolo bagadang biasanya disajikan sebagai teman minum teh, tapi kamu juga bisa menjadikannya sebagai menu buka puasa.

Barongko

barongko
Source: indonesia.go.id

Masyarakat Sulawesi Selatan sering menyajikan barongko di acara-acara penting seperti hajatan. Kue manis ini terbuat dari pisang yang dihancurkan. Setelah itu santan kelapa dan telur dicampurkan ke dalam adonan pisang tersebut lalu dibungkus dengan daun pisang. Proses memasaknya dengan cara dikukus hingga barongko matang. Tekstur kue tradisional ini begitu lembut sehingga cocok dijadikan sebagai menu buka puasa.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.