Kuliner

5 Makanan Indonesia yang Mirip Hidangan Malaysia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa makanan Indonesia memiliki ‘kembaran’ di Malaysia? Karena Indonesia dan Malaysia masih satu rumpun, tidak heran bila kedua negara tersebut memiliki banyak kesamaan, termasuk dalam dunia kuliner. Keduanya pun sama-sama dipengaruhi oleh percampuran berbagai budaya sejak ratusan tahun lalu. Lantas apa saja nih hidangan asal Indonesia yang mirip hidangan Malaysia? Yuk kita cari tahu sama-sama!

Nasi Uduk

Image Credit: berwisata.net

Makanan Indonesia yang satu ini kerap kali dijadikan hidangan sarapan pagi. Di Malaysia, ada satu hidangan yang disebut nasi lemak dan mirip seperti nasi uduk. Banyak tempat makan di Malaysia menyediakan nasi lemak yang menjadi menu cepat saji di negara tersebut. Dari segi rasa, baik nasi uduk dan nasi lemak hampir mirip karena sama-sama dimasak menggunakan santan. Bedanya, bila nasi uduk khas nusantara menggunakan sambal kacang, sedangkan nasi lemak Malaysia menggunakan sambal merah.

Kwetiau

Image Credit: makanmana.net

Tidak sedikit makanan Indonesia dan Malaysia dipengaruhi oleh budaya asing, salah satunya budaya Tiongkok. Contoh makanan tersebut ialah kwetiau atau mie beras. Tidak sulit untuk menemukan hidangan ini di Indonesia dan Malaysia. Bedanya, di Malaysia, kwetiau lebih dikenal dengan sebutan kuey teow. Hal lain yang membedakan kedua hidangan ini yaitu tambahan saus tiram atau terasi dalam kuey teow serta kandungan minyaknya yang lebih banyak dibandingkan kwetiau khas Indonesia.

Rendang

Image Credit: beepdo.com

Indonesia dan Malaysia sempat memperdebatkan asal-usul rendang. Faktanya, dua negara tetangga ini memiliki olahan daging dengan ciri khas tersendiri. Rendang yang dikenal sebagai makanan Indonesia memiliki kembaran di Malaysia yang disebut kalio. Rendang dan kalio memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Kalio tidak melalui proses karamelisasi seperti rendang khas Indonesia. Selain itu, kalio juga menggunakan tambahan gula sedangkan rendang tidak.

Laksa

Image Credit: spruceeats.com

Satu lagi menu yang mudah ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia, laksa dikenal memiliki berbagai jenis, seperti laksa Betawi, laksa Medan, dan laksa Bogor. Makanan Indonesia ini juga memiliki kuah kuning bersantan dengan cita rasa gurih, berbeda dengan asam laksa  yang ada di Malaysia. Asam laksa berkuah hitam dengan cita rasa asam. Laksa yang paling terkenal di Penang ini pun memiliki rasa yang pedas dan segar.

Nasi Padang

Image Credit: kompasiana.com

Nasi Padang merupakan makanan Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Kuliner ini pun memiliki kembaran di Malaysia yang dikenal dengan nasi kandar. Sekilas, nasi kandar memiliki penampilan yang mirip nasi Padang karena sama-sama dicampur dengan beragam lauk-pauk dan berkuah kari. Bahkan, rasa keduanya juga hampir mirip lho! Di negara tetangga, nasi kandar kebanyakan dijual oleh keturunan India. Oleh karena itu, bau rempahnya lebih tajam dan rasanya lebih pedas dibandingkan dengan nasi Padang.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.