Kuliner

5 Makanan Khas Betawi yang Bisa Dijadikan Sebagai Menu Sarapan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau kamu sedang ada di Jakarta, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan khas Betawi. Banyak kok kuliner asli Betawi yang bisa kamu coba, bahkan beberapa di antaranya bisa dijadikan sebagai menu sarapan enak lho! Berikut ini ada rekomendasi makanan yang bisa kamu buru sebagai menu sarapan di Jakarta:

Nasi Uduk Betawi

nasi uduk betawi menu sarapan enak
Source: selerasa.com

Kuliner ini memiliki rasa nasi yang gurih dan sering dijadikan sebagai menu sarapan enak. Untuk nasi uduk versi Betawi, diberi lauk berupa bihun goreng, telur, semur kentang, tahu, dan orek tempe. Tambahan semur yang berkuah kecoklatan menambah cita rasa manis pada makanan khas Betawi ini. Ada juga penjual yang menambahkan semur jengkol sebagai lauknya. Taburan bawang goreng, sambal kacang, dan kerupuk menambah kenikmatan dari hidangan ini.  Tidak sulit untuk menemukan nasi uduk Betawi di Jakarta karena banyak penjual yang menjajakannya dengan harga yang terjangkau.

Ketupat Sayur

ketupat sayur makanan khas betawi
Source: craftlog.com

Biasanya ketupat disiram dengan sambal kacang, tapi untuk ketupat sayur kuahnya berupa kuah sayur godog. Sayur godog ini terbuat dari campuran labu siam dan pepaya muda lalu dimasak bersama kuah santan. Sebagai lauk tambahan ada berbagai semur yang terbuat dari telur, kentang, ikan bandeng, atau jengkol. Pelengkap lain berupa kerupuk, sambal goreng pedas, dan bawang merah bakal bikin kamu semakin berselera menyantap makanan khas Betawi ini.

Ketoprak

ketoprak
Source: moslemlifestyle.com

Sudah tahu kan kalau ketoprak merupakan salah satu makanan khas Betawi yang sering dijadikan sebagai menu sarapan enak? Sejak subuh, penjual ketoprak sudah banyak berjualan di Jakarta. Dalam satu porsi ketoprak terdapat potongan ketupat, tauge, tahu putih goreng, dan bihun. Untuk bumbunya sendiri terbuat dari gerusan kacang bersama cabai rawit dan bawang putih. Ada juga penjual yang menyediakan lauk lain seperti telur dadar, telur rebus, dan telur rebus.

Bubur Ayam

bubur ayam betawi menu sarapan enak
Source: thegorbalsla.com

Menu sarapan enak yang jadi favorit masyarakat Indonesia adalah bubur ayam. Di Jakarta pun bubur ayam sering diburu. Namun, yang membedakan bubur ayam lain dengan bubur ayam khas Betawi adalah tekstur buburnya yang lebih kental dan terdapat sedikit siraman kaldu ayam. Makanan khas Betawi ini juga diberi topping berupa ayam suwir, kacang kedelai goreng, dan kerupuk kanji.

Nasi Ulam

nasi ulam
Source: sajiansedap.grid.id

Makanan khas Betawi ini terbilang langka dan belum tentu bisa ditemukan di seluruh wilayah Jakarta. Hidangan ini berupa nasi yang diaduk bersama gerusan kacang tanah sangrai, kelapa parut, dan garam. Karena itulah warna nasinya sedikit kecoklatan. Untuk tambahannya berupa irisan mentimun, bihun goreng, telur dada, orek tempe, kerupuk kanji, perkedel, sambal kacang, dan daun kemangi sebagai lalapnya.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.