Kuliner

5 Menu Sarapan Sehat Kaya Vitamin C untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Pinterest LinkedIn Tumblr

Asupan makanan sehat menjadi semakin penting di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Karena dengan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi untuk tubuh, daya tahan tubuh kamu akan semakin meningkat guna mencegah serangan mikroorganisme jahat seperti bakteri, jamur, dan virus. Kamu bisa memulai dengan menyantap menu sarapan sehat yang kaya akan vitamin C di pagi hari. Menu ini tentu saja dapat membantu meningkatkan imun tubuh dan bikin kamu lebih semangat untuk beraktivitas meskipun dilakukan #dirumahaja. Apa saja menu tersebut? Berikut ulasannya:

Omelet Brokoli

omelet brokoli menu sarapan sehat
Source: incredibleegg.org

Dilansir dari penelitian National Cancer Institute, sayuran hijau seperti brokoli kaya akan vitamin C dan dapat membantu menurunkan stres, mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan imun tubuh.  Kamu bisa menggunakan brokoli dalam menu sarapan sehat dengan membuat omelet brokoli. Vitamin D dalam telur juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh lho!

Buah Potong

potongan buah kaya akan vitamin c
Source: suarapalu.com

Malas buat menu yang ribet di pagi hari? Solusinya kamu masih bisa menyajikan menu sarapan sehat dengan buah potong. Menurut Healthline, sepiring buah potong yang terdiri dari stroberi, pepaya, jeruk, dan kiwi kaya akan vitamin C dan dapat menjaga imun tubuh agar terlindung dari serangan virus.

Salad Kale

salad kale menu sarapan sehat yang bisa tingkatkan imun tubuh
Source: acouplecooks.com

Berdasarkan Self Nutrition Data, dalam secangkir kale mentah terkandung 80 mg vitamin C yang dapat meningkatkan imun tubuh. Bila ingin kandungan vitamin tersebut diserap secara maksimal oleh tubuh, kamu bisa membuat salad kale mentah dan menyantapnya sebagai menu sarapan sehat di pagi hari. Kenapa sih harus mentah? Menurut salah satu penelitian dalam jurnal Preventive Nutrition and Food Science yang terbit tahun 2017, olahan sayuran hijau yang digoreng, direbus, atau dikukus dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

Smoothie Bowl

smoothie bowl bisa tingkatkan imun tubuh
Source: foodnetwork.com

Kamu bisa menyajikan jus buah dengan cara lain, yaitu menjadikannya sebagai smoothie bowl. Dengan membuat smoothie bowl, kamu bisa menambahkan  berbagai topping sesuai selera kamu. Tetapi pastikan topping tersebut bernutrisi ya! Smoothie bowl juga cocok dijadikan sebagai menu sarapan sehat karena bisa meningkatkan imun tubuh. Kombinasi vitamin C dan E dalam buah yang digunakan juga akan memperkuat daya tahan tubuh.

Mashed Potato

mashed potato mengandung vitamin c
Source: foodnetwork.com

Ternyata mashed potato juga bisa disantap sebagai menu sarapan sehat yang kaya akan vitamin C. Sebanyak 28% vitamin ini dapat diserap oleh tubuh jika mengonsumsi 173 gram. Hal ini ditegaskan melalui penelitian the Cochrane Database of Systematic Reviews. Asupan vitamin tersebut juga dapat membantu proses penyembuhan flu dan menstabilkan kembali imun tubuh.

Baca juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.