Kuliner

5 Makanan Khusus Perayaan Ulang Tahun di Berbagai Negara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Perayaan ulang tahun tidak hanya identik dengan kue tart saja lho! Contohnya lima negara ini. Masyarakat di negara-negara tersebut tidak hanya menyajikan kue saja, tapi juga makanan lain yang dianggap penting untuk merayakan hari spesial tersebut. Apa saja makanan itu dan di negara mana saja makanan tersebut biasanya disajikan? Berikut informasinya!

Miyeok Guk, Korea Selatan

makanan wajib saat perayaan ulang tahun di korea selatan
Image source: @travelinggehvisa

Miyeok guk atau sup rumput laut selalu disajikan saat perayaan ulang tahun di Korea Selatan. Sup ini biasanya disajikan dan disantap oleh orang yang berulang tahun pada saat sarapan. Ada alasan tersendiri mengapa miyeok guk menjadi makanan wajib untuk perayaan ini, salah satunya sebagai ungkapan penghargaan dan kasih sayang.

Mie Goreng, Tiongkok

mie goreng, makanan saat perayaan ulang tahun
Image source: @tity888

Menurut masyarakat Tiongkok, mie memiliki simbol panjang umur. Tak heran bila sajian ini wajib ada saat perayaan ulang tahun. Ada cara khusus untuk menyantap mie goreng saat merayakan hari istimewa tersebut. Pertama harus menggunakan sumpit khas Tiongkok. Kedua, pastikan mie tidak boleh putus saat dimakan.

Payesh, India

payash sering disajikan saat perayaan ulang tahun di india
Image source: @mtwfoodntravel

Saat perayaan ulang tahun, masyarakat India selalu menyajikan payesh atau pudding beras yang bertekstur lembut. Hidangan ini dibuat dari campuran beras, gula merah, susu, kapulaga, daun salam, kunyit, dsb. Sebagai sentuhan akhir, kacang mete kemudian ditaburkan di atasnya.

Piñata, Meksiko

pinata untung perayaan ulang tahun di meksiko
Image source: @pinataspartyindonesia

Piñata sebanarnya bukan nama makanan, melainkan sebuah benda dekoratif yang di dalamnya terdapat permen atau mainan. Dalam suatu acara, khususnya perayaan ulang tahun, piñata digantung dan dibuka dengan cara memukulnya dengan suatu benda. Sebelum memukul piñata tersebut, si pemukul terlebih dahulu ditutup matanya. Pada awalnya, benda dekoratif ini diperuntukan bagi anak perempuan yang merayakan ulang tahun ke-15 sebagai simbol kedewasaan. Tetapi sekarang anak-anak yang berusia di bawah 15 pun ingin menyertakan piñata dalam perayaan mereka.

Nasi Tumpeng, Indonesia

Image source: @syiar.akikah.gsk

Ternyata Indonesia juga memiliki hidangan khusus untuk disajikan saat merayakan ulang tahun, yaitu nasi tumpeng. Ukuran nasi tumpeng yang besar serta lauk pauk yang beragam dan melimpah menjadikan makanan tersebut cocok untuk disantap bersama keluarga besar atau sanak saudara. Makanya nasi tumpeng dianggap memiliki simbol kekeluargaan.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.