Internasional

5 Tempat Wisata Eco-Friendly yang Perlu Kamu Kunjungi Di 2020

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pariwisata eco-friendly telah meningkat popularitasnya selama beberapa tahun terakhir. Tidak aneh jika banyak tempat wisata eco-friendly yang bermunculan. Hal ini tentunya sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan dan melindungi habitat dan lingkungan alami mereka, tidak hanya untuk kebaikan pengunjung dan penduduk lokal tetapi untuk kebaikan planet kita.

Industri pariwisata menghasilkan 5% dari total emisi karbon dunia, tetapi $ 1,5 triliun yang dihasilkan setiap tahun sangat penting untuk kelangsungan industri pariwisata. Memastikan pembangunan ekonomi, stabilitas, konservasi warisan budaya, dan pelestarian alam merupakan hal yang perlu diperhatikan saat menjelajahi tempat wisata.

Jika kamu ingin bepergian dengan hati nurani yang bebas dari rasa bersalah, berikut adalah 5 tempat wisata yang perlu kamu kunjungi pada tahun 2020.

Islandia

wisata aurora
pixabay.com/David Mark

Dalam lima tahun terakhir, Islandia telah meraih prestasi sebagai negara paling eco-friendly di dunia. Negara ini menggunakan sumber daya geo-termal alami sebagai sumber energi utamanya, untuk menyediakan listrik, mencegah polusi laut, dan melakukan penangkapan ikan yang tidak merusak ekosistem.

Salah satu tempat wisata eco-friendly di Islandia yang bisa kamu kunjungi adalah Reykjavik. DI lokasi wisata ini, kamu bisa menikmati pemandangan aurora, sumber air panas, atau menjelajahi gletser.

Selandia Baru

wisata eco friendly selandia baru
pixabay.com/holgerheinze0

Selandia Baru adalah negara yang berupaya sepenuhnya bebas dari penggunaan bahan bakar fosil pada tahun 2025 dengan memanfaatkan sumber energi geotermalnya. Selandia Baru terdiri dari dua pulau dimana keduanya memiliki dalam bentang alam, satwa liar, dan ekosistem sangat beragam.

Negara ini memang identik dengan tempat-tempat wisata eco-friendly karena banyak hal yang bisa kamu nikmati. Kamu bisa menjelajahi keajaiban alam yang unik di sekitar pulau, seperti mengamati paus dan lumba-lumba, hutan purba dan gua-gua glowworm.

Palau

tempat wisata
pixabay.com/Jeff Balbalosa

Republik Palau adalah kumpulan lebih dari 200 pulau vulkanik dan karang di Samudera Pasifik. Jika kamu ingin mengunjungi pulau tropis, Palau adalah pilihan terbaik untuk kamu. Perairan di sekitar pulau berwarna biru jernih dan penuh kehidupan laut yang unik dan eksotis.

Palau dipenuhi dengan pantai dan hutan tropis yang indah. Palau sepenuhnya didedikasikan untuk mendorong program pariwisata yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab dalam melindungi terumbu karang, yang merupakan zona larangan eksklusif untuk menangkap ikan. Salah satu tempat wisata eco-friendly yang bisa dicoba di Palau ini adalah spot-spot menyelam, termasuk Danau Ubur-ubur yang terkenal.

Portugal

ramah lingkungan
pixabay-Nuno Lopes

Negara yang satu ini terkenal dengan pantainya yang menarik dan juga berbagai pilihan lokasi untuk bermain golf. Walau belum banyak tempat wisata eco-friendly yang ditawarkan, namun Portugal telah berhasil menurunkan kadar emisi rumah kaca di wilayahnya.

Sangat mudah untuk melakukan kegiatan yang lebih ramah lingkungan di Portugal. Kamu bisa membeli buah-buahan, sayuran, dan daging segar dari pasar lokal. Kamu juga berusaha untuk mengurangi jumlah sampah yang kamu hasilkan selama berkunjung ke Portugal.

Slovenia

tempat wisata eco-friendly
pixabay.com/jarko7

Negara yang berbatasan dengan pegunungan Alpen di Italia ini terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan. Uniknya, negara ini bergantung pada bendungan hidro-elektrik untuk mensuplai 75% kebutuhan listriknya. Hal ini tentunya membuat Slovenia menjadi salah satu negara dengan tempat-tempat wisata eco-friendly di dunia.

Ibu kotanya, Ljubljana, pernah dinobatkan sebagai Ibukota Paling Hijau di Eropa pada tahun 2016. Bahkan bus yang ada di negara ini berjalan dengan bahan bakar gas alami. Kamu bisa menikmati spot wisata seperti berenang bersama penyu laut, belajar tentang produksi cokelat, kopi, pisang khas negeri ini, atau bersepeda di pegunungan sambil menikmati suasana alam yang segar. Intinya, banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan di Slovenia.

ARTIKEL SELANJUTNYA:

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.