Kuliner

5 Tips Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Makanan dan Minuman

Pinterest LinkedIn Tumblr

Penyebaran coronavirus di Indonesia membuat masyarakat Indonesia membudayakan WFH alias work from home atau kerja dari rumah. Bagi sebagian orang yang aktif di luar, mungkin kebijakan ini menjadikan mereka mudah bosan. Tetapi, sebenarnya banyak hal positif yang bisa didapatkan dari WFH. Beberapa di antaranya menghentikan penyebaran virus dan memberikan kesempatan untuk kita memperkuat sistem imun atau daya tahan tubuh. Nah, berbicara tentang daya tahan tubuh, kamu bisa memperkuatnya dengan memperhatikan apa yang kamu konsumsi. Berikut ini ada lima tips untuk memperkuat daya tahan tubuh melalui makanan dan minuman yang bisa bikin kamu tetap sehat:

Baca Juga:

Camilan Buah Kering

mengonsumsi buah kering dapat menjaga imun sistem saat work from home
Source: health.harvard.edu

Hasrat untuk ngemil pastilah sangat tinggi saat kamu work from home. Boleh saja sih ngemil, tapi demi meningkatkan sistem imun, pastikan kamu memilih camilan yang sehat ya! Misalnya adalah buah kering seperti kurma atau buah tim. Dua jenis buah kering ini tinggi akan zat besi dan kalsium sehingga dapat meningkatkan energy dalam tubuh. Kamu pun bisa mengonsumsinya dengan cara dicampur bersama susu.

Kurangi Gorengan

kurangi konsumsi gorengan untuk meningkatkan sistem imun tubuh
Source: instagram.com/doyan.santapan

Kalau sistem imun ingin terjaga dengan baik, mau tidak mau kamu harus mengurangi konsumsi gorengan. Salah satu kuliner favorit orang Indonesia ini memang terkenal garing dan lezat, tapi sering mengonsumsi gorengan atau makanan olahan akan melemahkan daya tahan tubuh. Akibatnya kamu rentan terkena virus seperti flu. Hal ini dipaparkan oleh berbagai penelitian yang menemukan bahwa gorengan atau makanan olahan mengandung zat aditif yang disebut tertiary butylhydroquinone (TBHQ). Zat tersebut dapat meningkatkan gejala flu serta mengurangi efektifitas pengobatannya. 

Konsumsi Susu Kunyit

susu kunyit atau golden milk
Source: instagram.com/
fitmittenkitchen

Minuman yang kaya nutrisi ini berasal dari India dan mulai banyak disukai banyak orang karena kemampuannya untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Susu kunyit juga dapat membuat badan kamu lebih segar dan rileks saat kerja dari rumah atau work from home. Kunyit sendiri mengandung kurkumin, yaitu senyawa anti-inflamasi yang dapat menangkis berbagai penyakit. Oh ya, kalau kamu sedang pilek atau flu, coba deh minum susu ini biar cepat pulih.

Ganti Gula dengan Madu

ganti pemanis dengan madu
Source: hellosehat.com

Kalau ingin sistem imun tetap terjaga dengan baik, mulailah untuk mengganti gula atau pemanis buatan dengan pemanis alami seperti madu. Tak hanya berfungsi sebagai pemanis, madu juga dapat menghangatkan tubuh kamu secara natural lho! Bakalan bikin nyaman deh seharian work from home. 

Sering Konsumsi Jus

minum jus
Source: newfoodmagazine.com

Tidak masalah kamu lebih suka minum jus daripada mengonsumsi buah. Asalkan cara mengolahnya benar dan menghindari penggunaan pemanis buatan, jus tersebut mampu menutrisi tubuh sekaligus meningkatkan sistem imun Oh ya, pastikan jus kamu juga mengandung banyak vitamin C agar tubuh mendapatkan asupan antioksidan sebagai zat penangkal radikal bebas. 

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.