Kuliner

5 Varian Bubur Indonesia Ini Menggugah Selera Banget!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bukan hanya cita rasa saja, bubur Indonesia pun memiliki berbagai jenis juga cara makannya, seperti yang sedang trending di Twitter. Kini muncul sekte baru yang makan bubur dengan cara disedot memakai sedotan seperti yang dilansir oleh Detik Food. Hidangan sederhana ini pun kerap kali diburu sebagai menu sarapan yang cukup mengenyangkan. Sebut saja bubur ayam yang populer di berbagai wilayah Indonesia. Atau bubur kacang yang juga memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh.  Selain dua bubur tersebut, tanah air kita juga punya bubur khas dengan cita rasa yang tak kalah lezatnya. Apa saja itu?

Bubur Manado

bubur indonesia khas manado
Image source: mahligai-indonesia.com

Sesuai namaya, bubur Indonesia ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kepopulerannya juga sudah meluas hingga ke luar Pulau Sulawesi lho! Bubur Manado berbahan dasar nasi yang dimasak bersama sayuran seperti ubi jalar, kangkung, kemangi, labu kuning, dan jagung. Bubur ini semakin lezat dengan tambahan suwiran ikan jambal dan ikan tuna serta sambal rica-rica. Selain disantap untuk sarapan, bubur Manado juga bisa dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

Bubur Manggul

Image source: @ita_sofiana

Kalau bubur Indonesia yang satu ini merupakan menu sarapan kegemaran orang Madura. Bubur manggul berbahan dasar tepung beras yang dihidangkan bersama siraman sambal udang dan serundeng bercita rasa gurih nan lezat. Selain sambal udang dan serundeng, bubur manggul juga bisa ditambah lalapan seperti daun kemanggi untuk memberikan rasa segar saat bubur ini disantap.

Bubur Ase

Image source: @a_rahmalia

Kalau kamu orang Betawi, pasti sudah tidak asing dengan bubur khasnya, kan? Bernama bubur ase, bahan yang digunakan untuk membuat bubur Indonesia in ialah nasi yang diberi asinan sayur khas Betawi dan ikan teri. Rasa gurih dari asinan dan ikan teri membuat bubur ini terasa semakin lezat dan menggugah selera. Bubur ase biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Bubur Kampiun

Image source: @ruangmengunyah

Berbeda dengan bubur Indonesia sebelumnya yang bercita rasa gurih, bubur kampiun memiliki rasa yang manis. Uniknya lagi, bubur ini merupakan campuran dari jenis bubur lain, seperti bubur kacang hijau, ketan hitam, bubur candil, dan bubur sumsum yang diberi topping kolak. Karena keragaman bahannya, dalam satu suapan kamu akan merasakan tekstur yang beragam. Oh ya, bubur ini bisa dijadikan sebagai menu sarapan menggugah selera atau menu berbuka puasa saat Bulan Ramadhan.

Bassang

Image source: @sukatitip

Satu lagi bubur Indonesia yang berasal dari Pulau Sulawesi, tepatnya Makassar. Bubur bassang berbahan dasar jagung yang dicampur dengan tepung terigu dan gula. Tetapi, jagung yang digunakan dalam bubur ini bukan jagung biasa, melainkan jagung pulut atau jagung ketan berwarna putih. Sama seperti bubur kampiun,  bassang memilki cita rasa yang manis dan biasanya disantap sebagai kudapan sore hari oleh masyarakat Makassar.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.