Kuliner

6 Jenis Keju Paling Populer di Dunia. Kamu Pernah Coba yang Mana?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mungkin kamu hanya familiar dengan jenis keju seperti cheddar dan mozzarella yang populer di banyak negara, termasuk Indonesia. Tetapi sebenarnya ada jenis-jenis lain yang tidak kalah populernya dengan dua keju tersebut. Mau tahu apa saja keju yang populer di dunia selain cheddar dan mozzarella? Berikut ini informasinya!

Keju Mozzarella

jenis keju ini berasal dari italia
Image source: Flickr.com / Serious Eats

Sebelum kita mengenal jenis keju lain, ada baiknya kita mengenal sedikit lebih banyak tentang keju mozzarella. Keju ini sempat viral di dunia kuliner Indonesia melalui berbagai olahan kekinian yang disajikan bersama dengan keju asal Italia ini. Selain dibuat dari susu sapi, keju mozzarella juga bisa dibuat dengan susu kerbau. Ciri khasnya yaitu teksturnya yang sangat lembut dan lumer ketika dilelehkan dan rasanya yang cukup asin. Biasanya keju mozzarella dijadikan sebagai topping pasta atau pizza.

Keju Cheddar

Image source: @miltoncreamery

Bukan hanya di tanah air saja, tapi keju cheddar sangatlah populer di dunia. Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis keju lain. Selain itu, keju ini juga enak dikreasikan dengan berbagai olahan, dari yang manis sampai asin. Di Indonesia, keju ini umumnya digunakan sebagai topping kue, sedangkan di negara lain cheddar dihidangkan bersama burger atau sandwich. Keju jenis ini memiliki warna kuning pucat dan ada juga yang berwarna oranye (disebut red cheddar). Tekstur keju cheddar cenderung keras, kering, dan tidak mudah meleleh seperti keju mozzarella.

Keju Parmesan

jenis keju ini disebut parmesan
Image source: @niggawitacookie

Nama lain dari keju jenis ini ialah Parmigiano-Reggiano. Teksturnya sangatlah keras dan memiliki rasa yang kuat serta pahit. Oleh karena itu, penggunaan keju ini tidak boleh terlalu banyak. Rasa yang kuat dan tekstur yang keras dihasilkan dari proses pembuatannya yang cukup lama, yakni dua tahun sampai akhirnya siap dikonsumsi. Karena itulah keju ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dibanding cheddar dan mozzarella. Di Italia, negara asalnya, keju ini digunakan sebagai penambah cita rasa pada pizza, pasta, risotto, dan aneka sup.

Keju Edam

Image source: @gurmeakademi

Keju asal Belanda ini memiliki tekstur yang agak keras dan memiliki tampilan yang sedikit mencolok. Pasalnya, keju edam dilapisi oleh sejenis lilin berwarna merah sedangkan warna kejunya sendiri kuning pucat, menampilkan penampilan yang kontras. Bila dibandingkan dengan keju lain, edam memiliki aroma yang tidak terlalu kuat dengan rasa yang sedikit asin. Namun, bila didiamkan lebih lama, rasa dari jenis keju ini akan semakin tajam. Dalam dunia kuliner, keju edam digunakan sebagai campuran pasta, soufflé, sup, saus, salad, dan olahan berbahan dasar kentang atau ayam.

Blue Cheese

Image source: @adalagard

Keju asal Amerika Serikat ini baru saja dinobatkan sebagai keju terbaik di dunia versi World Cheese Award 2019. Blue cheese menggunakan tambahan jamur Penicillium di dalamnya sehingga jenis keju ini menampilkan bercak berwarna kebiruan. Blue cheese memiliki aroma khas yang kuat. Rasanya seperti ragi dan sedikit pedas. Soal tekstur, keju ini cenderung lembek seperti mentega. Biasanya, blue cheese digunakan sebagai penambah cita rasa dalam salad, sayuran atau dessert berbahan dasar buah yang dpanggang. Keju ini juga bisa digunakan sebagai pelengkap sup sayuran atau puree.

Keju Emmental

Image source: @fairfieldgreenwichcheeseco

Nah kalau kamu nonton animasi Tom and Jerry, pastinya kamu familiar dengan bentuk kejunya yang berlubang-lubang. Uniknya lagi, jika didiamkan lebih lama, maka diameter bulatan di permukaan keju asal Swiss ini pun akan semakin lebar. Dari segi tekstur, keju emmental lebih lembut dengan rasa yang tak terlalu kuat, jadi kamu pun bisa menyantapnya langsung tanpa campuran apapun. Selain itu, keju ini juga cocok dihidangkan bersama burger, casserole, dan codon blue.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.