Kuliner

6 Kue Kukus Berbungkus Daun Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia dikenal dengan ragam kuliner yang menggugah selera, salah satunya kue kukus. Sesuai dengan namanya, jenis kuliner ini diolah dengan cara dikukus. Ada satu ciri khas lagi dari jenis kue ini, yaitu penggunaan daun dalam proses pembuatannya. Penggunaan daun sebagai bungkus makanan ini semakin membuat kita bersemangat untuk menyantapnya karena aroma hidangan yang dihasilkan tentunya lebih menggugah selera, bukan? Lantas apa saja hidangan tersebut dan dari mana asalnya? Yuk simak daftar di bawah ini!

Nagasari

kue kukus berbungkus
Image source: sajiansedap.grid.id

Di daerah Jawa Barat, nagasari telah dianggap sebagai jajanan tradisional favorit. Kue kukus ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kemudian diberi isian pisang. Setelah adonan tercampur, kue ini kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Oh ya, ternyata nagasari memiliki kembaran lho! Nama kuenya yaitu roko roko unti dari Sulawesi dan amparan tatak dari Kalimantan.

Awug-awug Mutiara

kue kukus bernama awug-awug mutiara
Image source: cookpad.com

Kali ini kue kukus yang tak kalah terkenal di Indonesia  datang dari daerah Jawa Tengah. Terbuat dari sagu, awug-awug mutiara semakin nikmat karena ditambahkan kelapa parut. Saat disantap, kamu akan merasakan cita rasa gurih dan manis dalam satu gigitan. Belum lagi teksturnya yang lembut pasti akan memanjakan lidah kamu deh. Seperti nagasari, awug-awug mutiara pun dikukus dan dibungkus dengan daun pisang.

Kue Paso

Kue paso berasal dari Sulawesi Barat dan mirip dengan kue kukus khas Purworejo yang bernama clorot. Paso memiliki rasa yang manis dengan ciri khas berbentuk kerucut memanjang seperti terompet. Berbungkus daun pisang, kue ini berisi adonan berupa campuran tepung beras, santan, dan gula aren. Setelah matang, kamu bisa menyantapnya sebagai kudapan saat berkumpul bersama keluarga.

Kue Tetu

kue kukus tradisional dari Indonesia
Image source: akurat.co

Kue kukus yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu seperti perahu. Warnanya pun putih jernih karena bahan dasarnya hanya tepung terigu dan santan kental tanpa ada campuran gula merah atau pewarna makanan dalam adonannya. Teksturnya lembut dan lebih nikmat bila disantap setelah dingin.

Lampet

Image source: tripelaketoba.com

Kue lampet berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara dan terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan yang diberi kelapa parut. Dibungkus dengan daun pisang, lampet dibentuk kerucut dan terdapat isian gula aren dibagian tengahnya. Sama seperti kue kukus berbungkus lain, lampet memiliki tekstur lembut. Akan semakin nikmat jika kamu menyantapnya sebagai kudapan pendamping minum teh atau kopi.

Kue Bugis

Image source: budaya-indonesia.org

Kue kukus berbungkus daun ini disebut juga sebagai kue mendut. Berbahan dasar tepung ketan yang dicampur santan, kue bugis ini memiliki isian berupa kelapa parut yang dimasak bersama gula merah atau gula aren.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.