Kesehatan Kuliner

6 Makanan Fermentasi Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Makanan fermentasi memang memiliki proses pengolahan yang unik karena melibatkan bakteri baik di dalamnya. Selain itu, makanan jenis ini juga sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Kalau kamu mengalami masalah atau gangguan pencernaan seperti sulit buang air besar (BAB), sebaiknya konsumsi enam makanan berikut yang telah melalui proses fermentasi:

Kimchi

kimchi makanan fermentasi khas korea
Source: platingsandpairings.com

Kalau kamu pecinta kuliner khas Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan fermentasi yang satu ini. Kimchi merupakan makanan ikonik asal Negeri Ginseng yang baik untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, kimchi juga memiliki kalori yang rendah dan baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. 

Miso

jaga kesehatan sistem pencernaan dengan konsumsi miso
Source: tasteofhome.com

Bila kulineran ke restoran Jepang, kamu biasanya akan disuguhkan sup khas yang bernama miso soup. Sup ini menggunakan kacang kedelai yang difermentasi kemudian ditumbuk halus. Sup miso menjadi hidangan berkuah andalan masyarakat Jepang, khususnya saat musim dingin. Bukan hanya baik untuk tingkatkan kinerja sistem pencernaan, jenis makanan fermentasi ini juga mampu mengurangi risiko terkena kanker payudara. 

Natto

makanan fermentasi natto
Source: food.detik.com

Sama seperti miso, natto menggunakan bahan kacang kedelai. Bedanya kacang kedelai dalam natto dibiarkan utuh. Makanan khas Jepang ini memiliki tekstur yang membal dan tinggi serat. Bagi yang belum terbiasa dengan rasanya, orang pasti akan bergidik saat mencicipinya karena cita rasanya yang menyengat. Terlepas dari rasanya, makanan fermentasi ini memang baik untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Tempe

tempe bisa tingkatkan kinerja sistem pencernaan
Source: okadoc.com

Orang Indonesia sangat menyukai tempe yang bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat. Bahan makanan ini berbahan dasar kacang kedelai dan ragi yang kemudian difermentasi sehingga mengandung probiotik yang tinggi. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi tempe. Di antaranya meningkatkan kinerja sistem pencernaan, menangkal radikal bebas, dan menurunkan kolesterol. 

Acar Mentimun

makanan fermentasi acar mentimun
Source: fimela.com

Satu lagi makanan fermentasi yang tidak asing di lidah orang Indonesia. Acar mentimun atau disebut juga pickels ini berkhasiat memperlancar kinerja sistem pencernaan. Jenis acar ini diolah dengan menggunakan cuka yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri buruk pada makanan. Belum lagi bakteri baik dalam cuka tersebut mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Yogurt

greek yogurt inspirasi menu makan pagi
Source: modernhoney.com

Bila menyebutkan tentang olahan atau makanan fermentasi, yogurt pasti selalu masuk dalam daftar. Rasanya pun enak, apalagi bila dikombinasikan dengan berbagai buah-buahan favoritmu.  Yogurt juga bisa membantu proses penurunan berat badan sekaligus melancarkan kinerja sistem pencernaan. Tidak sulit untuk menemukan yogurt di Indonesia bahkan sudah banyak resep yogurt rumahan yang  bisa kamu coba sendiri di rumah. 

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.