Kuliner

6 Makanan Khas Palembang Ini Cocok Dijadikan Menu Saparan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Berbicara tentang Kota Palembang, pasti kamu langsung teringat pada pempek. Salah satu makanan khas Palembang itu memang populer bahkan hingga ke berbagai provinsi di Indonesia. Ada banyak pilihan menu yang bisa dicicipi jika kamu ada di ibukota Sumatera Selatan ini. Beberapa di antaranya cocok juga dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Contohnya enam kuliner khas Palembang berikut ini:

Pempek

pempek makanan khas palembang
Source: idntimes.com

Tidak asing kan dengan makanan khas Palembang ini? Ternyata di daerah asalnya pempek juga sering dijadikan sebagai menu sarapan lho! Mungkin bagi sebagian orang menyantap kuah cuko yang merupakan hidangan pelengkap pempek ini di pagi hari menimbulkan rasa tidak nyaman bagi lambung. Tetapi masyarakat lokal sudah terbiasa sehingga bisa menyantap pempek untuk sarapan pagi. Pempek sendiri berbahan dasar ikan dan memiliki tekstur yang empuk. Biasa disantap dengan cuko atau kuah kental pedas terbuat dari gula merah, cuka, cabai, dan bumbu lainnya.

Makanan khas Palembang ini juga memiliki ragam jenis. Ada pempek lenjer, pempek keriting, pempek kulit, pempek isi tahu, pempek isi telur, dan pempek kulit. Cara mengonsumsinya bisa dengan mencelupkan potongan pempek ke dalam kuah cuko atau mencampurnya langsung dengan pempke.

Pempek Lenggang

sarapan pagi pempek lenggang
Source: ellysuryani.com

Yang membedakan pempek jenis ini dengan pempek biasa adalah cara pengolahannya yang dipanggang. Pempek lenggang memiliki bentuk segi empat karena dicetak dalam daun pisang yang dibentuk persegi sebelum dipanggang di atas bara api hingga teksturnya padat. Setelah itu, adonan pempek lenggang dikeluarkan dari cetakan lalu dipanggang lagi hingga matang. Makanan khas Palembang ini juga disantap bersama cuko dengan potongan timun dan udang ebi. Biasanya, pempek lenggang juga bisa disantap sebagai menu saparan pagi.

Model Ikan

makanan khas palembang model ikan
Source: harnas.co

Makanan khas Palembang ini bisa dibilang hidangan pempek berisi tahu dengan ukuran lebih besar dibandingkan pempek ikan biasanya. Cara penyajiannya model ikan direbus hingga matang lalu dipotong menjadi beberapa bagian dan direndam dengan kaldu udang. Selain model ikan yang bisa disantap sebagai menu sarapan pagi, ada juga model gendum yang diolah seperti roti dengan tekstur kulit yang sedikit keras. Namun, jika disiram dengan kuah, teksturnya akan lebih lembut dan lembek.

Mi Celor

menu sarapan pagi mi celor
Source: sahabatufs.com

Mie ini terbuat dari tepung terigu dengan tekstur yang padat. Untuk kuahnya sendiri terbuat dari santan dengan cita rasa yang gurih. Potongan udang sungai ditambahkan untuk meningkatkan rasa makanan khas Palembang. Sebagai pelengkap ditambahkan pula potongan telur ayam. Di Kota Palembang, mie ini menjadi salah satu menu sarapan pagi yang populer.

Tekwan

tekwan
Source: bobo.grid.id

Bahan baku tekwan sama seperti pempek ikan. Hanya saja bentuk tekwan lebih kecil dan diolah dengan cara direbus seperti model ikan. Tekwan juga tidak memiliki isian dan disantap dengan kuah kari udang yang bakal bikin kamu ketagihan. Makanan khas Palembang ini sering juga dijadikan sebagai menu sarapan pagi.

Celimpungan

celimpungan
Source: tandaseru.id

Lagi-lagi makanan khas Palembang ini serupa dengan pempek. Yang membedakan hanya bentuknya yang bulat dan tekstur lebih lembut. Kuah celimpungan juga memiliki rasa yang lebih pedas karena dicampur dengan cabai giling. Hm…gimana jadinya ya kalau menyantap celimpungan sebagai menu sarapan?

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.