Kuliner

6 Menu Sarapan Pagi Khas dari Berbagai Negara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menu sarapan pagi di setiap negara cenderung beragam. Bahkan hidangan sarapan di satu negara belum tentu tersedia di negara lain. Nah melihat keragaman ini, rasanya cukup menarik juga untuk mencari tahu menu apa sih yang biasa disantap pada pagi hari sebagai sarapan di negara yang berbeda. Apa saja menunya dan dari mana menu itu berasal? Berikut informasinya!

Ful Medames, Mesir

menu sarapan pagi dari mesir
Image source: @thelebaneseplate

Menu sarapan pagi khas Mesir ini terbuat dari campuran kacang fava rebus yang ditumbuk bersama rempah-rempah dan perasan jeruk lemon. Hidangan ini nantinya akan disajikan dengan sayuran dan telur rebus di atasnya sebagai penambah cita rasa.

American Breakfast, Amerika Serikat

menu sarapan pagi khas amerika serikat
Image source: @ucakyolcusutr

Dikenal sebagai negara dengan budaya yang beragam, tak heran bila menu sarapan pagi khas Amerika Serikat pun beragam pula. Semuanya tergabung dalam American breakfast yang terdiri dari scrambled egg (telur orak-arik), daging (sosis atau bacon), hash brown (kentang yang digoreng dengan metode Rösti Swiss), roti panggang dan selai, sereal, atau panekuk. Menu-menu ini lebih nikmat disantap bila ditemani dengan secangkir kopi hangat.

Mandazi, Kenya

Image source: @swahilifood

Sebenarnya, mandazi ini dibuat dengan bahan yang sama seperti donat. Hanya bentuknya saja yang berbeda. Bila donat berbentuk bulat dan ada lubang ditengahnya, mandazi menyerupai bentuk segitiga dengan rasa yang tidak terlalu manis. Menu sarapan pagi ini memang berasal dari Kenya, namun juga populer di negara-negara Afrika bagian tenggara.

Chilaquiles, Meksiko

menu sarapan pagi dari meksiko
Image source: @peachonomics

Chilaquiles merupakan menu sarapan pagi asal Meksiko yang dibuat dari sepiring tortilla yang dimasak dengan saus. Setelah itu, telur, bawang bombay, dan keju akan disertakan sebagai topping. Bila ingin menambah kelezatan dan nilai gizinya, irisan daging dan kacang-kacangan bisa ditambahkan juga.

Ackee and Saltfish, Jamaika

Image source: @waynespice1

Perpaduan antara ackee, sejenis buah leci asal Afrika Barat, dan ikan menjadi menu sarapan favorit masyarakat Jamaika. Ackee ditumis bersama dengan ikan kod asin dan rempah-rempah khas Jamaika. Tidak aneh bila saat dicicipi, hidangan ini akan terasa manis sekaligus asin dari perpaduan buah dan ikan. Menurut masyarakat Jamaika, ackee and saltfish enak dimakan bersama nasi.

Kaya Toast, Singapura

Image source: @eatwhattonight

Kaya toast merupakan roti panggang yang biasa disajikan sebagai menu sarapan di Singapura sebelum beraktivitas. Roti ini dipanggang dan diolesi selai srikaya, telur, kelapa parut, dan daun pandan. Rasanya pun manis serta gurih. Karena mudah dibawa, kaya toast sering juga dijadikan menu bekal atau disantap saat berkeliling Kota Singapura saat pagi hari.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.