Kuliner

6 Olahan Ayam Khas Indonesia Khusus Untuk Kamu Pecinta Pedas

Pinterest LinkedIn Tumblr

Hampir semua orang menyukai olahan ayam. Selain rasanya yang lezat, ayam pun mudah untuk dikreasikan menjadi kuliner yang menggugah selera. Nah berbicara tentang kuliner berbahan dasar ayam, kali ini kita akan membahas menu ayam khas Indonesia khusus bagi para pecinta pedas. Dijamin deh, menu-menu ini bakal bikin kamu ngiler!

Ayam Rica-rica

olahan ayam khas manado
Image source: @kulinersedaaap

Olahan ayam ini berasal dari Manado, tapi tidak sulit kok menemukan menu ini di berbagai rumah makan atau restoran di luar Manado. Bahkan kamu juga bisa membuat ayam rica-rica pedas sendiri di rumah. Rasa pedas dari olahan ini terdapat dalam penggunaan bumbu cabai merah yang mendominasi. Selain cabai, bumbu lain yang digunakan adalah kunyit, lengkuas, dan jahe.

Ayam Cincane

olahan ayam dari samarinda, kaltim
Image source: @zoeriio

Berkunjung ke Kalimantan Timur jangan lupa mencicipi olahan ayam khasnya. Dikenal dengan nama ayam cincane, kuliner ini menggunakan ayam kampung yang dimasak bersama dengan bumbu merah pedas. Bumbu merah ini terdiri dari cabai merah sebagai bumbu utama, ditambah dengan bawang merah, bawang putih, dan sedikit terasi.

Ayam Balado

Image source: @dayu_dianayu

Nah olahan ayam yang satu ini selalu disediakan jika kita berkuliner ria di rumah makan Padang. Ayam balado memiliki cita rasa pedas yang meresap hingga ke dalam. Kalau kamu pecinta pedas, menu ini bisa jadi salah satu menu favorit kamu.

Ayam Taliwang

Image source: @marimasak.tv

Ayam taliwang merupakan olahan ayam yang berasal dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Masyarakat lokal menggunakan ayam kampung muda sebagai bahan utama. Ayam kemudian dibakar dan diberi bumbu pedas yang terdiri dari cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, dsb. Karena proses pengolahannya yang dibakar, ayam ini cenderung kering dari menu ayam sebelumnya. Tapi, jangan salah! Rasa ayam taliwang tidak kalah pedasnya kok dengan menu pedas lain.

Makan ayam taliwang belum afdol rasanya kalo belum makan di kota asalnya yaitu Lombok. Sepintas menu makanan ini tampak kayak ayam bakar pada umumnya. Tapi, pas dicobain rasanya sungguh beda. Ini dia yang ngebuat tim Travelblog.id penasaran sama ayam taliwang khas Lombok. Bukan hanya mencicipi lezatnya ayam taliwang, karena kita juga bisa memesan hidangan pendampingnya yaitu plecing kangkung dan beberuk terong. Kuliner populer ini menjadi salah satu agenda makan wajib jika travelovers sedang liburan ke Lombok. Enjoy the video!

Ayam Klungkung

Image source: @rm.rajawali_ayamklungkung

Merupakan olahan ayam khas Bali yang banyak digemari pecinta kuliner pedas. Untuk membuat olahan ini, ayam kampung yang telah dibersihkan kemudian dipanggang. Setelah itu, ayam kemudian diberi campuran bumbu pedas yang terdiri dari campuran cabai, limau, dan serai. Limau memberikan aroma khas yang segar pada kuliner ini sehingga akan semakin menggugah selera.

Ayam Suwir

Image source: @dapurbekal

Untuk olahan ayam ini, sebenarnya banyak sekali variasi yang bisa kamu coba, termasuk variasi dengan cita rasa pedas. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Ayam yang telah disuwir kemudian dimasak kembali dengan menggunakan santan, rempah-rempah khas Indonesia, sereh, dan daun salam. Jangan lupa gunakan cabai merah yang banyak untuk menambah memberikan rasa pedas pada kuliner ini.

Dini
Author

2 Comments

  1. Avatar

    Seger banget, aku paling seneng bikin soto Bandung dikasih perasan jeruk lemon. ?? Kecut-kecut seger yo, Mba.

    • Dini
      Dini Reply

      Bener banget, mas! air jeruknya bikin ga enek juga abis makan daging-dagingan. 🙂

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.