Kuliner

7 Kue Kering Khas Indonesia Ini Cocok Disajikan Saat Idul Fitri

Pinterest LinkedIn Tumblr

Nastar, kastengel, putri saju, dan jenis kue lain umumnya sering disajikan sebagai suguhan di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tetapi, selain kue-kue tersebut, ada juga kue kering khas Indonesia yang tak kalah nikmatnya dan cocok disajikan saat Lebaran. Apa saja jenis kuenya? Setidaknya ada tujuh jenis kue tradisional asli Indonesia yang perlu Amigos ketahui nih biar wawasan kuliner nusantaranya semakin bertambah:

Kue Satru

kue satru kue kering khas indonesia
Source: en.wikipedia.org

Dikenal juga dengan sebutan kue koya, kue satru mudah ditemukan di daerah Desa Randu Jalak, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggu. Kue kering ini memiliki tekstur yang rapuh jadi akan mudah hancur saat kamu menggigitnya. Bahan dasar kue satru adalah bubuk kacang hijau manis yang berwarna putih.

Unthuk Cacing

unthuk cacing bisa disajikan saat idul fitri
Source: cookpad.com

Karena kue tradisional ini berbentuk panjang dan meliuk seperti cacing, makanya dinamakan unthuk cacing. Kue kering khas Cilacap, Jawa Tengah ini cocok juga dijadikan sajian saat Hari Raya Idul Fitri. Untuk membuat unthuk cacing, diperlukan bahan seperti tepung beras, telur, mentega, santan, dan gula yang dicampur menjadi satu kemudian dibentuk meliuk saat digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Keciput

keciput camilan tradisional
Source: instagram.com/yukmasak_yukmasak

Kue tradisional khas Jepara ini terbuat dari tepung, margarin, telur, dan wijen yang digunakan sebagai balutannya. Saat Idul Fitri, keciput bisa dijadikan sebagai suguhan yang lezat untuk menjamu tamu. Kue kering ini memiliki bentuk mirip onde-onde dengan ukuran yang mungil dan tekstur yang renyah saat digigit.

Kue Biji Ketapang

jenis kue kering kue biji ketapang
Source: foodizz.id

Kalau orang Betawi punya kue kering khas dan cocok disajikan sebagai suguhan di Hari Raya Idul Fitri. Namanya kue biji ketapang. Kue tradisional ini memiliki rasa yang gurih bercampur manis serta tekstur yang renyah, cocok jadi kudapan saat minum teh di sore hari. Kue biji ketapang terbuat dari campuran tepung terigu, santan, kelapa parut, telur, dan margarin. 

Kembang Goyang

sajikan kembang goyang saat idul fitri
Source: idntimes.com

Satu lagi kue tradisional khas Betawi yang populer di Indonesia. Kue kembang goyang juga sering kali dijadikan sajian saat Idul Fitri. Terbuat dari adonan tepung beras, kue kering berbentuk seperti bunga ini memiliki tekstur yang renyah. Karena bentuknya yang seperti bunga atau kembang serta proses memasaknya digoreng sambil digoyang hingga lepas dari cetakan, makanya kue ini dinamai kembang goyang.

Kue Sagon

kue sagon cocok disajikan saat idul fitri
Source: inews.id

Untuk membuat kue kering khas Indonesia ini, yang diperlukan adalah tepung beras ketan, parutan kelapa tua, gula, vanili, dan margarin. Karena bahan-bahan tersebutlah kue sagon memiliki cita rasa yang manis sekaligus gurih. Selain itu, jenis kue tradisional ini juga memiliki aroma yang menggugah selera serta tekstur yang lembut dan empuk meskipun dari luar terlihat keras. 

Kue Belinjo

kue belinjo
Source: craftlog.com

Surabaya juga punya kue kering khas yang pas disajikan saat Hari Raya Idul Fitri. Dikenal dengan nama kue belinjo, kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung dan belinjo (melinjo). Penggunaan belinjo dalam kue ini menjadikan rasanya lebih unik. Kue belinjo ini sekilas mirip kue kacang, tapi saat disantap, rasa belinjo yang khas akan tetap terasa.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.