Kuliner

7 Makanan Khas Indonesia Ini Sering Dijadikan Menu Sarapan Favorit

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sarapan menjadi hal penting yang perlu dilakukan sebelum kamu memulai aktivitas di pagi hari. Karena kamu memerlukan tenaga yang cukup hingga waktu makan siang tiba, menu sarapan favorit yang kamu santap di pagi hari haruslah mengenyangkan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Orang Indonesia sendiri cenderung menyukai menu yang lebih mengenyangkan seperti berbagai menu berbahan dasar beras. Berikut ini ada inspirasi 7 makanan khas Indonesia yang menjadi menu makan pagi favorit:

Bubur

bubur manado menu sarapan favorit
Source: tagar.id

Hampir semua negara memiliki kreasi bubur tersendiri termasuk Indonesia. Bahkan di Tanah Air, bubur menjadi salah satu menu sarapan favorit. Uniknya lagi, negara kita ini juga punya varian bubur khas tergantung dari daerah asalnya. Sebut saja bubur Manado atau tinutuan. Makanan khas Indonesia ini kerap dijadikan sebagai hidangan sarapan di Manado. Dalam satu mangkuk bubur terdapat potongan bayam, jagung manis pipil, dan labu kuning. Goreng ikan nike yang hanya bisa didapatkan di Danau Tondano menjadi pelengkap dan penambah cita rasa dari bubur inil

Nasi Kuning

makanan khas indonesia nasi kuning
Source: merdeka.com

Beberapa daerah di Sulawesi, Bali, dan Jawa memiliki hidangan nasi kuning yang kerap dijadikan menu sarapan favorit. Makanan khas Indonesia ini dimasak bersama kunyit, santan, dan bumbu rempah. Selain itu, terdapat juga lauk pauk yang beragam seperti ayam suwir, sambal goreng kentang, semur daging, telur rebus, dsb. Dilengkapi dengan sambal, menyantap nasi kuning bakal terasa lebih nikmat deh!

Nasi Krawu

makanan khas indonesia nasi krawu
Source: selerasa.com

Makanan khas Indonesia ini berasal dari Gresik dan sering dijadikan sebagai menu sarapan di daerah tersebut. Nasi krawu berupa olahan nasi putih yang disajikan di atas daun pisang lalu ditambah irisan daging sapi, jeroan, dan serundeng atau disebut juga dengan istilah krawu.

Nasi Uduk

nasi uduk
Source: lifestyle.okezone.com

Menu sarapan ini mudah ditemukan di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta. Nasi uduk dikenal sebagai makanan khas Indonesia yang disantap bersama beragam jenis lauk. Contohnya semur tahu, tempe goreng, ayam goreng, semur telur, bahkan semur jengkol.

Nasi Goreng

menu sarapan favorit nasi goreng
Source: food.detik.com

Salah satu menu sarapan favorit dan praktis adalah nasi goreng. Salah satu makanan khas Indonesia ini mudah dibuat dan dikreasikan dengan bahan pelengkap lain seperti daging, telur, sayuran, dsb. Semakin lezat bila ditambahkan kecap manis dan potongan cabai untuk menambah cita rasa pedas.

Kupat atau Lontong Sayur

lontong sayur padang
Source: cookpad.com

Tidak jauh berbeda dengan hidangan berbahan dasar nasi lain, kupat atau lontong sayur sering diburu sebagai menu sarapan. Makanan khas Indonesia ini memiliki ciri tersendiri tergantung dari daerah mana hidangan itu berasal. Contohnya lontong sayur dari Padang yang disajikan bersama gulai nangka muda dan buncis.

Nasi Gudeg

nasi gudeg
Source: food.detik.com

Kalau di Yogyakarta, makanan khas Indonesia yang disantap sebagai hidangan sarapan adalah nasi gudeg. Dalam satu porsi hidangan ini terdapat nasi putih yang dilengkapi sambal krecek, berbagai lauk yang bervariasi, serta siraman kuah kental. Lauknya sendiri bisa telur rebus yang dibumbui, ayam suwir, tempe bacem, jeroan, tahu, ikan, dsb.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.