Kuliner

7 Rekomendasi Minuman Manis Cocok Jadi Menu Takjil di Bulan Puasa

Pinterest LinkedIn Tumblr

Minuman manis menjadi salah satu incaran untuk dijadikan menu buka puasa. Rasanya yang manis dan menyegarkan tentu saja bisa menghilangkan dahaga setelah berpuasa selama lebih dari 13 jam. Sebelum waktu berbuka pun, biasanya penjual jenis minuman tersebut tidak pernah sepi pengunjung yang ingin menjadikannya sebagai menu takjil. Kira-kira jenis minuman seperti apa sih yang sering diburu sebagai takjil di bulan puasa? Ini dia rekomendasinya:

Es Dawet

menu takjil menyegarkan, es dawet
Source: wowkeren.com

Minuman manis ini terbuat dari cendol yang dicampur dengan santan, nangka, dan gula merah. Jika semua bahan diaduk menjadi satu, perpaduannya akan terasa segar dan bisa menghilangkan dahaga kamu. Tak heran sih kalau es dawet sering dijadikan menu takjil saat buka puasa. Selain segar dan terasa legit, es dawet juga cukup mengenyangkan.

Es Cincau

menu takjil es cincau
Source: steemit.com

Minuman segar yang populer di Pulau Jawa ini juga sering dijadikan pilihan menu takjil. Menjelang buka puasa, pedagang es cincau akan diburu oleh pembeli yang ingin menghilangkan dahaga dengan minuman manis ini. Es cincau merupakan minuman yang terbuat dari daun cincau. Santan dan gula merah kerap kali dijadikan pelengkap untuk minuman ini. Malah tak jarang juga ada yang menambahkan topping lain seperti buah atau es krim yang menambah cita rasanya.

Es Goyobod

minuman manis es goyobod untuk buka puasa
Source: theboxsceneproject.org

Terbuat dari tepung hunkwe, es goyobod dianggap sebagai minuman manis yang sering diburu sebagai menu takjil. Perpaduan potongan hunkwe, sagu mutiara, santan, dan susu kental manis bakal manjain lidah kamu deh.

Es Pisang Ijo

es pisang ijo, rekomendasi takjil di bulan puasa
Source: mncupdate.com

Selain manis, es pisang ijo juga menjadi menu takjil yang bakal bikin kamu cepat kenyang. Sesuai namanya, minuman manis ini menggunakan pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Sebagai pelengkap ditambahkan santan, bubur sumsum, sirup, dan kacang. Ada juga yang diberi tambahan topping lain seperti buah atau keju. Perpaduan rasa yang manis, gurih, dan segar memang cocok dijadikan sebagai menu buka puasa di bulan Ramadhan.

Es Campur

es campur sering diburu di bulan puasa
Source: lintasusaha.com

Kalau es yang satu ini memiliki beragam isian dan enak disantap setelah semua bahan dicampur. Bahan yang digunakan biasanya buah-buahan seperti alpukat atau nangka lalu ditambahkan kelapa muda, sirup, susu kental manis, jelly atau agar-agar, sagu mutiara, dll. Memiliki tampilan yang berwarna, minuman manis ini bakal menggugah selera bila disantap sebagai menu takjil.

Es Oyen

menu takjil es oyen
Source: doyanresep.com

Kalau kamu orang Bandung, pasti sudah tidak asing dengan nama minuman manis ini. Penampilan es oyen sebenarnya mirip es campur, bedanya hanya diisian yang lebih beragam seperti ada tambahan daging durian dan jagung manis di dalamnya. Aromanya yang harum dan menggugah selera menjadikan es oyen sebagai salah satu yang diburu untuk menu takjil saat buka puasa, terutama oleh para pecinta durian.

Es Selendang Mayang

minuman manis legendaris dari betawi
Source: instagram.com/kapan_pulangid

Dikenal sebagai minuman tradisional khas Betawi, es selendang mayang mampu menghilangkan dahaga kamu saat buka puasa. Minuman berbahan dasar tepung hunkwe dan sagu ini memang cocok dijadikan menu takjil. Rasanya yang manis dan bercampur gurih dari kuah santan bikin kamu ketagihan deh!

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.