Travel Tips

7 Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman Nginap di Hotel Kapsul dan Hostel

Pinterest LinkedIn Tumblr

Hotel kapsul dan hostel menjadi alternatif penginapan bagi on budget travelers atau traveler dengan budget terbatas. Dua akomodasi yang menjadi favorit solo traveler dan backpacker ini umumnya berbentuk sharing atau berbagi, dari mulai ruangan hingga kamar mandi. Tetapi, kamu masih tetap punya privasi kok karena tempat tidur diberi penutup tersendiri. Meskipun begitu, kamu perlu memastikan akomodasi tersebut tetap memberikan kamu rasa aman dan nyaman. Caranya ikuti saja tujuh tips berikut ini!

Pastikan Kamu Tidak Mengidap Claustrophobia

menginap di hotel kapsul tidak dianjurkan bagi pengidap claustrophobia
Source: medicalnewstoday.com

Untuk membuat kamu nyaman selama menginap di hostel dan hotel kapsul, pastiin dulu kalau kamu tidak mengidap claustrophobia atau fobia ruang sempit. Dua jenis akomodasi ini memiliki ruang sempit yang hanya pas untuk tidur saja. Ada juga akomodasi yang menyediakan tempat tidur susun yang dilengkapi tirai untuk privasi. Karena itulah ruangan tidur tersebut cenderung sempit dan bisa bikin kamu merasa sesak bila mengidap claustrophobia. Lebih baik hindari jenis akomodasi seperti ini bila kamu merasa tidak nyaman dan sesak.

Bawa Perlengkapan Mandi Sendiri

bawa perlengkapan mandi sendiri saat menginap di hostel
Source: travelfashiongirl.com

Tidak semua hotel kapsul dan hostel menyediakan perlengkapan mandi seperti sampo, sabun, sikat dan pasta gigi. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya bawa saja perlengkapan mandi sendiri. Bawa saja alat mandi dalam kemasan kecil atau travel size sehingga mudah untuk dibawa ke manapun tanpa memakan ruang di tas atau ransel travelingmu.

Pastikan Keamanan Barang Pribadi

jaga barang berharga di tempat yang aman
Source: travelfashiongirl.com

Selama menginap di hostel dan hotel kapsul, jangan sampai kewaspadaan kamu lengah. Jaga selalu barang pribadi yang dirasa penting dan berharga. Kamu bisa menyimpan barang-barang penting dan pribadi di ransel atau koper lalu menaruhnya di loker yang disediakan oleh pihak penginapan. Bila masih merasa tidak aman, kamu bisa kok menaruh barang-barang penting seperti dompet, ponsel, kartu identitas, dan passport dalam tas kecil sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Perhatikan Jenis Kamar

perhatikan jenis kamar hotel kapsul
Source: thebubble.com

Jenis kamar yang disediakan hotel kapsul dan hostel cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kenyamanan kamu. Jenis kamarnya sendiri biasanya meliputi kamar khusus pria, kamar khusus wanita, atau mixed room (bisa dihuni wanita dan pria). Bila kamu merasa tidak nyaman berbagi ruang dan fasilitas bersama lawan jenis, pilih saja jenis kamar yang khusus untuk wanita atau pria saja. Dengan begitu kamu bisa merasa lebih nyaman dan tenang.

Sosialisasi

interaksi dengan sesama penghuni kamar di hostel
Source: businessinsider.com

Selain menghemat budget, menginap di hotel kapsul dan hostel ada keuntungan lainnya lho! Kamu bisa dengan mudah mengenal penghuni lainnya dan bersosialisasi bersama mereka. Bila sudah mengenal mereka, kamu pun akan merasa lebih nyaman saat berbagi ruang dan fasilitas umum lainnya. Asyik kan bisa nambah teman baru disela perjalananmu?

Tetap Tenang

tetap tenang saat berada di hostel
Source: en.blog.kkday.com

Biasanya akomodasi seperti hotel kapsul dan hostel memberlakukan jam tenang di waktu-waktu tertentu. Hal tersebut penting diterapkan mengingat akomodasi tersebut bersifat sharing. Kalau kamu menginap bersama teman, pastikan kamu menjaga ketenangan agar tidak mengganggu penghuni lain. Kamu bisa kok gunakan fasilitas ruang rekreasi umum atau ruang tamu untuk mengobrol lebih bebas. Hal yang sama juga berlaku jika kamu menelepon dan melakukan video call. Lakukan saja aktivitas tersebut di luar kamar ya!

Manajemen Waktu

Bukan hanya kamar yang berbagi tapi fasilitas seperti kamar mandi pun digunakan oleh penghuni lainnya. Di sini kamu perlu menerapkan manajemen waktu yang baik. Jangan sampai menggunakan kamar mandi terlalu lama karena bisa menghambat penghuni lain yang ingin menggunakan fasilitas tersebut. Bila di rumah kamu terbiasa mandi lama-lama, setidaknya kamu hentikan kebiasaan tersebut saat menginap di hotel kapsul dan hostel.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.