Event

7 Tips Mudah Bebas Dari Sampah Plastik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa bulan Juli dirayakan sebagai bulan bebas sampah plastik? Karena itu alangkah baiknya jika kita semua mencoba untuk mengurangi jumlah plastik di dunia dengan melakukan 7 tips mudah untuk mengurangi kebiasaan menggunakan produk berbahan plastik.

Masalah plastik

Saat ini kita semua hidup di zaman yang dipenuhi produk-produk berbahan plastik. Padahal penggunaannya cenderung sebentar. Tapi plastik ini akan bertahan jauh setelah kita meninggalkan dunia ini.

Walau beberapa jenis produk plastik dapat didaur ulang, tapi masih banyak plastik yang berakhir di lautan atau tertimbun dalam tanah. Saking banyaknya plastik di lautan, sampah tersebut kini terlihat seperti sebuah pulau. Plastik yang mengotori Samudera Pasifik antara Hawaii dan California saja diperkirakan telah menutupi permukaan laut seluas 1 juta kilometer persegi.

7 tips menghindari sampah plastik

1. Gunakan cangkir dan botol pakai-ulang

kurangi jumlah plastik dalam pengolahan sampah
Gunakan botol yang bisa dipakai kembali-Unsplash/Estera Nicoi

Hindari membeli produk yang menggunakan cangkir atau botol plastik. Dengan menggunakan wadah yang di cuci ulang, kamu bukan hanya bisa tetap menikmati produk tertentu, tapi juga kamu bisa mengurangi sampah plastik.

2. Gunakan tas belanja sendiri

Saat ini banyak sekali yang menjual tas belanja yang bisa membuat kamu terlihat lebih fashionable. Jadi kamu bisa tetap berbelanja walau kini banyak tempat yang sudah tidak menyediakan kantung plastik. Jadi pastikan kantung belanja selalu ada dalam daftar bawaan kamu tiap hari.

3. Buat produk kecantikan sendiri

Hampir semua produk kecantikan dikemas pada wadah plastik. Bahkan beberapa jenis produk body scrub dan face scrub mengandung butiran plastik halus. Untuk mengurangi produksi sampah plastik dan memastikan produk yang kamu gunakan tidak mengandung bahan berbahaya, tidak ada salahnya untuk membuat produk kecantikan kamu sendiri di rumah bukan.

4. Bersihkan gigi dengan benar

hari tanpa plastik sedunia
Mulai gunakan sikat gigi bertangkai kayu-Unsplash/Laura Mitulla

Sikat gigi adalah salah satu kebutuhan dasar dalam hidup. Tapi hal ini bukan berarti kamu bisa menambah polusi sampah plastik. Cobalah untuk memilih produk sikat gigi berbahan bambu atau kayu untuk menjaga kebersihan mulut kamu.

5. Berani berkata “tidak”

Jadikan kata “tidak” favorit kamu di bulan Juli ini. Kamu mungkin menyadari banyaknya sampah plastik yang kita dapat setelah berbelanja. Karena itu, mulailah untuk menolak saat kamu ditawari pelayan toko kantung plastik untuk belanjaan kamu.

Ingat jangan hindari produksi sampah plastik hanya di bulan Juli saja. Kita bantu terus bumi kita untuk mengurangi polusi plastik yang terjadi di seluruh dunia. Mari kita mulai gaya hidup yang lebih ramah lingkungan demi masa depan planet kita.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.