Destinasi Indonesia Jawa Travel Tips

8 Olahan Tepung Tapioka Khas Bandung yang Wajib Kamu Cicipi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu bahan dasar pembuat jajanan khas Bandung yang selalu sukses membuat orang ketagihan adalah tepung tapioka atau aci begitu orang Sunda menyebutnya. Bahan makanan ini selalu bermetamorfosis menjadi makanan yang baru. Kamu tertarik untuk berburu jajanan Bandung berbahan aci? Simak nama-nama makanannya di sini.

Cilok

Cilok (Instagram.com/pippin_richflavor)

Makanan yang berbentuk seperti kelereng ini berasal dari kata aci dicolok atau ditusuk dalam bahasa Indonesia. Jajanan yang dibuat dari aci ini biasanya diberi tidak diberi isian tapi ada juga yang menambahkan tetelan atau telur ke dalamnya. Cilok biasanya dimakan bersama bumbu kacang atau saus sambal.

Cireng

Cireng (Instagram.com/cirengkrenyes.bontang)

Jajanan berbahan dasar tepung tapioka ini biasanya dibuat dalam bentuk pipih dan ditambahkan isian kacang tanah. Cireng yang dijual di pasaran sekarang ini sudah beragam, seperti cireng crispy dan cireng isi yang dibuat dalam berbagai bentuk dan diberikan isian bermacam-macam, seperti keju atau kornet.

Cimol

Cimol (Instagram.com/boutique8.id)

Cimol atau aci digemol dalam bahasa Indonesia artinya dibulat-bulat. Yang membedakan cimol dari cilok adalah cara pembuatannya. Cilok itu direbus kemudian dikukus, cimol dibuat dengan cara digoreng. Bumbunya biasanya berupa bumbu kering berbagai rasa tapi ada juga yang diberi bumbu kacang tanah yang ditumbuk.

Cilor

Cilor (Instagram.com/kane_enak18)

Modifikasi dari cilok ini disebut cilor atau aci telor. Cilok yang kecil-kecil itu dimasukkan ke dalam kocokan telur kemudian digoreng. Biasanya ditambahkan, saus kacang, saus sambal atau bumbu kering.

Cilung

Cilung (Instagram.com/ivada_kitchen)

Cilung kepanjangan dari aci digulung. Cara membuatnya mirip dengan crepes, yaitu dengan memasukkan telur kocong ke dalam wajan anti lengket kemudian diratakan. Setelah itu tambahkan adonan cilung yang telah diberi bumbu sebelum akhirnya digulung dan diberi tusuk satai.

Cibay

Cibay (Instagram.com/jasik.kuy)

Cibay atau aci ngambay atau menjuntai mirip dengan lumpia goreng hanya saja isinya berupa tepung tapioka yang diberi bumbu. Ketika dimakan ditambahkan bumbu kering seperi bumbu cimol.

Cimin

Cimin (Instagram.com/kulinerbarengrara)

Singkatan dari cireng mini, cimin umumnya beda dengan cireng. Adonannya lebih seperti adonan cilok. Ukurannya panjang-panjang dengan lebar seibu jari, cimin dimasak dengan cara direbus kemudian dipotong-potong kecil mirip dadu. Setelah itu cimin dimasukkan ke dalam wajan untuk membuat martabak mini yang telah diberi telur kocok sebelumnya. Setelah matang diberi bumbu kering.

Bacil

Bacil (Instagram.com/cemalcemil_cirebon)

Bacil atau bakso cilok ini adonannya sama hanya saja penyajiannya berbeda. Jika cilok dikukus, bacil di rebus dan diberi kuah dengan ditambah pelengkap seperti bakso.

Kamu yang penasaran dengan nama-nama jajanan tadi, jangan lewatkan untuk mencicipinya jika jalan-jalan ke Bandung.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.