Destinasi Indonesia Sulawesi

8 Wisata Manado yang Merupakan Destinasi Indonesia Terbaik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata Manado sukses menarik banyak turis asing ke wilayah tersebut, seperti turis dari Tiongkok. Sebagai salah satu desinasi wisata Indonesia terbaik, kota ini memiliki beragam tempat yang asyik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Manado yang paling terkenal adalah Bunaken. Foto-foto keindahan bunaken sudah banyak tersebar di media sosial. Tapi jangan salah, selain Bunaken, masih ada tempat lain yang bisa kamu singgahi. Beberapa destinasi ini ada di tengah kota, jadi tak memakan banyak waktu. Siap untuk menjelajahi kota yang berjuluk Tinutuan ini?

Taman Laut Bunaken

Wisata manado, Tempat wisata di manado, Foto-foto, Indonesia terbaik, Manado
Instagram @suroyoshaka

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di kota ini tentunya Bunaken. Tempat ini merupakan destinasi wisata Indonesia terbaik di Kota Manado yang dikenal sebagai salah satu spot diving terkeren. Taman Laut Bunaken sudah terkenal sampai ke luar negeri. Kamu bisa buktikan ketenarannya ketika melihat foto-foto Bunaken yang bertebaran di Instagram atau Flickr misalnya. Taman laut yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat memesona. Tak hanya itu, biota lautnya pun lengkap serta masih alami. Maka tak heran tempat ini jadi incaran para penyuka snorkeling atau diving.

Kampung Cina

Wisata manado, Tempat wisata di manado, Foto-foto, Indonesia terbaik, Manado
Instagram @riharanugrah_

Yang menjadi penduduk mayoritas kampung ini adalah etnis keturunan Tionghoa sesuai dengan namanya. Di tempat wisata Manado ini, kamu bisa melihat-lihat bangunan tua khas asli Eropa tapi dengan sentuhan Tiongkok. Di sini juga terdapat klenteng yang sudah ada semenak 1819, yaitu Klenteng Ban Hin Kiong. Tak jauh dari klenteng itu ada juga Klenteng Kwang Kong. Kampung Cina ini berada di pusat kota Manado. Sambil liburan ke tempat ini, kamu bisa icip-icip jajanan khas dan belanja oleh-oleh yang dijual di sepanjang jalan.

Kuil Ban Hin Kiong

Wisata manado, Tempat wisata di manado, Foto-foto, Indonesia terbaik, Manado
Instagram @_wiecen

Salah satu tempat wisata di Kota Manado, kota di Sulawesi Utara, yang sayang untuk dilewatkan adalah sebuah kuil tertua yan berada di Sulawesi Utara. Nama tempatnya adalah Kuil Ban Hin Kiong yang berada di Jl. DI. Panjaitan, Manado. Ban Hin Kiong memiliki tiga kata, yaitu Ban yang artinya banyak, Hin, artinya berkah melimpah dan terakhir Kiong yang artinya istana. Kalau diartikan secara harfiah Ban Hin Kiong berarti Istana yang memberikan berkah melimpah. Kelenteng ini merupakan kelenteng Tri Darma, yang artinya digunakan sebagai tempat ibadah oleh penganut agama Kong Hu Cu Tao juga Buddha.

Sebagai salah satu objek wisata Manado,  kelenteng yang menggunakan arsitektur Tiongkong klasik ini memiliki desain bangunan yang sangat unik. Ornamen yang menghiasi kuil membuat bangunan ini nampak lebih elegan dan menarik. Terdapat sepasang patung singa di pintu masuk. Sementara di pilarnya terdapat ukiran sepasang naga. Pintu utama ini hanya dibuka saat ada upacara atau acara tertentu saja. Hari-hari biasa pintu sampinglah yang digunakan sebagai pintu masuk. Selain menarik, kelenteng ini pasti asik untuk foto-foto.

Tomohon

Wisata manado, Tempat wisata di manado, Foto-foto, Indonesia terbaik, Manado
Instagram @paskojr

Berada di lingkungan Gunung Lokon dan Mahawu, kota Tomohon yang menjadi salah satu desinasi wisata Indonesia terbaik ini menyajikan pemadangan kota yang begitu indah. Kota ini menjadi daya tarik bagi wisata Manado. Salah satu yang paling terkenal di kota ini adalah Tomohon International Flower Festival yang tahun ini diselenggarakan pada 7 sampai 12 Agustus. Tahun ini merupakan tahun ke-9 penyelenggaraan festival ini. Di event ini, selain festival ada juga Turnamen atau Parade Bunga dan Busana Bunga. Festival ini biasanya diikuti juga oleh peserta dari luar negeri. Diperkirakan jumlah pesertanya terus bertahan tiap tahunnya sehingga semakin banyak turis asing yang berkunjung ke tempat wisata di Manado ini.

Bukit Kasih

Wisata manado, Tempat wisata di manado, Foto-foto, Indonesia terbaik, Manado
Instagram @awhtuuk

Wisata Manado lainya yang menarik untuk dikunjungi adalah Bukit Kasih yang berada di Desa Kanonang. Jaraknya dari pusat kota Manado sekitar 55 km. Di sini terdapat rumah ibadah agama yang ada di Indonesia. Begitu masuk ke tempat ini, kamu akan melihat sebuah monumen dengan tinggi 22 meter. Monumen ini dinamakan Tugu Toleransi. Bentuknya segi lima dan ada simbol agama lengkap dengan kutipan ayat dari tiap kitab suci yang terdapat di tiap sisinya. Rumah-rumah ibadah ini dihubungkan oleh anak tangga yang berliku. Pastikan kamu memakai alas kaki yang nyaman karena untuk menjelajahi tempat ini kamu harus menaiki dan menuruni anak tangga.

Patung Yesus Memberkati

Instagram @benedict_es

Ikon wisata Manado yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini berada di wilayah perumahan elit Citraland Winangun. Nama objek wisata ini adalah Patung Yesus Memberkati. Meskipun berada di tempat elite, pengunjung yang datang untuk melihat tidak akan dipungut bayaran. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyaksikan patung ini. Kamu bisa menyaksikan sinar matahari pagi dari arah Gunung Klabat yang menyinari badan patung. Selain menyaksikan pemandangan sunrise, kamu juga bisa menyusuri area patung dengan menaiki tangga-tangga yang ada. Di sana terdapat fragmen cerita tentang kehidupan Yesus.

Jembatan Soekarno

Instagram @xandresbogard

Diresmikan pada Mei 2015, objek wisata Manado ini berupa sebuah jembatan yang dinamai Jembatan Soekarno. Asyik juga untuk kamu foto-foto dengan latar belakang jembatan ini dan menara lilin yang letaknya tak jauh dari jembatan. Waktu yang tepat untuk berfoto adalah saat matahari akan mulai terbenam, yaitu ketika langit sore warnanya sudah merah keemasan. Di tempat ini juga tersedia jasa foto bagi mereka yang tidak membawa kamera. Foto bisa langsung dibawa pulang karena akan dicetak setelah melakukan pemotretan.

Pantai Malalayang

Instagram @marioooo.k

Kalau kamu ingin liburan ke pantai, tempat wisata di Manado ini pas untuk dijadikan pilihan. Dari pusat kota Manado letaknya sekitar 4 km, tak begitu jauh. Pantai Malalayang juga memiliki keindahan alam yang menarik. Bagi kamu yang tak membawa alat menyelam, di sini tersedia penyewaan. Ombaknya relatif tenang sehingga kamu aman untuk bermain pasir di pantainya.

Baca juga:

Bulan Desember ini Liburan ke Mana? Coba 6 Tempat Wisata Berikut

Pulau Mahoro, Tempat Wisata Eksotis di Sulawesi Utara

Tiongkok Kecil Heritage: Ikon Lasem!

Wisata Manado menawarkan banyak pilihan tempat wisata yang menarik. Tak hanya asyik untuk dilihat tapi juga asyik sebagai tempat foto-foto. Kota ini memang merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia terbaik. Liburan tahun baru ini, jangan lupa mampir ke Manado, ya.
Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.