Event Indonesia Maluku

Ada Pesta Rakyat Banda Tanggal 10 – 12 November Ini, Jangan Lupa!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pesta Rakyat Banda merupakan perayaan tentang sejarah untuk masa depan. Perayaan ini diselenggarakan dari tanggal 10 November – 12 November 2019 di Maluku, tepatnya di Banda Neira. Untuk memperingati 350 tahun peringatan penandatanganan Perjanjian Breda maka diadakanlah Pesta Rakyat Banda 2019 yang merupakan kerja sama antara panita Festival Budaya Banda dengan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Tengah serta Banda Tourism Board.

Banda Neira

banda neira
Image Source Flickr.com/utse

Pulau kecil ini berpenduduk 14.000 jiwa dan pernah begitu terkenal dan mempengaruhi dunia karena kekayaan rempah-rempahnya. Banda Neira yang akan menjadi tuan rumah Pesta Rakyat Banda ini terbagi menjadi 6 desa, yaitu Kampung Baru, Dwiwarna, Nusantara, Merdeka, Rajawali juga Tanah Rata. Pulau ini juga menjadi pulau terpadat di Kepulauan Banda dan merupakan pusat administrasi Kabupaten Maluku Utara.

Pertunjukkan dan Acara Pesta Rakyat Banda

pesta rakyat
Image Source @genpimaluku

Banyak event  yang akan diselenggarakan di pesta rakyat tersebut, seperti pertunjukkan musik, tari-tarian, bazar kuliner, teater, lomba perahu tradisional, pameran kerajinan, hingga dialog sejarah dan macam-macam workshop.

Sejarah Banda Neira

Banda Neira
Image Source Flickr.com/Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia
Ikuti

Tempat ini merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki sejarah yang mempengaruhi dunia. Dulu VOC mendirikan kota modern di wilayah ini. Banda Neira menjadi perebutan beberapa negara Eropa karena pulau ini satu-satunya tempat tumbuhnya pohon pala. Belanda, Spanyol, Inggris dan Portugis memperebutkan Banda karena dahulu kala buah pala harganya bersaing dengan logam mulia emas.

Maluku
Image Source Flickr.com/Ludovic

Benteng Belgica

pesta rakyat
Image Source @andrikilua

Sebelum menghadiri pesta rakyat, wisatawan bisa berkunjung ke Benteng Belgica yang merupakan bangunan buatan VOC yang didirikan di atas bukit. Terletak di sebelah barat daya Pulau Banda Neira, benteng ini berada pada ketinggian 30 mdpl dan dibangun pada tahun 1611. Dari benteng ini pengunjung bisa menyaksikan Pulau Banda Besar dan Gunung Api  juga Laut Banda. Benteng ini juga muncul dalam uang seribu rupiah terbaru.

Pulau Gunung Api dan Lava Flow

Maluku
Image Source @ang.uya

Di Banda Neira juga terdapat Pulau Gunung Api. Pulau in adalah pulau yang seluruh daratannya merupakan gunung api vulkanis. Tinggi gunung ini sekitar 656 mdpl dan memiliki luas sekitara 734,46 Ha. Untuk sampai di objek wisata ini pengunjung harus melewatai tebing-tebing curam dan bebatuan. Butuh sekitar 2-3 jam untuk sampai di sini.  Semua lelah akan terbayar saat melihat pulau-pulau di Kepulauan Banda dan laut biru.

pesta rakyat
Image Source Flickr.com/bac_seattle

Lava Flow merupakan spot untuk snorkeling yang terbentuk akibat letusan Gunung Api Banda yang mengalir ke dasar laut. Meskipun menghancurkan karang-karang tapi setelahnya malah menumbuhkan terumbu karang yang lebih beragam dengan biot laut yang cantik.

Banda Besar

Maluku
Image Source Flickr.com/Dimsum Reizen

Jika kamu tertarik untuk melihat pesta rakyat Banda November ini, mampir jugalah ke Pulau Banda Besar. Di sini kamu akan mendapati perkebunan Pala terbesar dan kenari. Kualitas pala benar-benar dijaga baik oleh penduduk di pulau yang dekat dengan Banda Neira ini. Buah ini diproses menjadi beberapa olahan seperti sirup, manisan, dan selai. Selain itu, bijinya dibuat menjadi bumbu masakan yang biasa kamu gunakan di rumah.

Baca Juga:

Menguak Benteng Van Der Wijck

Menikmati Eksotisme Pantai Ora di Timur Indonesia

Pesta Rakyat Banda bukan pesta biasa, melainkan acara untuk mengenal sejarah Banda. Jadi jika kamu belum punya rencana untuk liburan bulan ini, mungkin Banda Neira bisa jadi pilihanmu.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.