Destinasi Indonesia

Air Terjun Tertinggi Di Indonesia Yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia memiliki beragam keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah keindahan yang ditawarkan air terjun tertinggi di Indonesia ini.

1. Air terjun Madakaripura

Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru, air terjun Madakaripura adalah air terjun terbesar yang ada di Jawa Timur. Untuk mencapai tempat wisata alam ini, kamu harus mendaki selama 20 menit.

Rasa lelah yang kamu rasakan akan terbayarkan setelah tiba di lokasi. Kamu akan menyaksikan keindahan air terjun setinggi 200 meter ini. Uniknya, keindahan Madakaripura ternyata dihubungkan dengan kisah Patih Gadjah Mada. Karena itulah tempat wisata ini dinamakan Madakaripura, yang berarti ” kediaman terakhir Gadjah Mada “. Dipercayai bahwa berenang di air terjun Madakaripura memberi kesehatan, kekuatan, dan usia muda.

2. Air terjun Sipiso-Piso

Saat berkunjung ke Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, jangan lupa berkunjung ke air terjun Sipiso-Piso. Nama Sipiso-piso berarti ‘seperti pisau’. Tingginya mencapai 120 m dan lokasinya berada di 800 mdpl. Jadi kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra sebelum bisa menikmati keindahannya.

ARTIKEL TERKAIT:

3. Air terjun Curup Tenang

wisata alam air terjun di sumatera selatan
Air terjun Curup Tenang-youtube.com

Jika kamu ingin mencari air terjun tertinggi di Sumatera Selatan, datang saja langsung ke lokasi Curup Tenang. Di tempat ini kamu bisa melihat air terjun setinggi 90 meter. Untuk mencapainya, kamu tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi karena jalur yang kamu lalui akan melewati sungai dan beberapa air terjun lainnya.

4. Air Terjun Curug Citambur

Curug Citambur adalah air terjun yang tingginya sekitar 130 meter di bagian selatan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Curug Citambur memiliki tiga tingkat air terjun di mana tingkat pertama setinggi 12-meter sedangkan tingkat kedua adalah 116 meter.

Curug ini berada pada ketinggian sekitar 1.400 mdpl dan dikenal memiliki suhu yang sangat dingin. Air terjun ini memiliki debit air yang besar terutama saat musim hujan. Kondisi ini membuat Curug Citambur selalu tertutup kabut tipis dan suara air jatuh yang begitu keras bergemuruh.

5. Air Terjun Payakumbuh

Tidak hanya termasuk salah satu air terjun terindah di Indonesia, Air Terjun Payakumbuh adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Payakumbuh memiliki ketinggian 150 meter dan terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi.

Ngarai Harau ini adalah sebuah lembah yang dikelilingi oleh tebing granit setinggi ratusan meter dan dihiasi dengan enam air terjun yang masih alami. Nah, Air Terjun Payakumbuh terletak di sela-sela perbukitan dan Ngarai Harau dan juga jurang yang dalam. Air yang jatuh dari Air Terjun Payakumbuh mengalir membentuk aliran air yang jernih.

Akses ke Air Terjun Payakumbuh ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar satu jam dari kota Bukittinggi atau sekitar setengah jam dari kota Payakumbuh.

Tempat mana nih yang akan jadi destinasi wisata kamu selanjutnya?

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.