Inspirasi

Aktivitas ini Bikin Buah Hati Betah di Rumah Selama ada Virus Corona

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dengan berbagai pertimbangan, pada akhirnya masa belajar di rumah bagi para siswa pun diperpanjang. Hal tersebut pun dilakukan karena memerhatikan perkembangan dari penanganan covid-19 atau virus corona. Dengan diberlakukannya self-isolation atau program belajar di rumah dengan ketentuan waktu yang tidak pasti. Tentu psikis sang buah hati yang diam di rumah lama-lama akan membikin frustasi dan gampang bosan.

Untuk itu, kamu perlu menyusun strategi agar anak tetap betah di rumah. Upaya ini pun perlu kamu pertimbangkan, karena mood anak pun tidak bisa berubah tanpa ada upaya orang tua. Tidak perlu melakukan hal yang menguras tenaga dan kocek, kamu dan anak tentu bisa melakukan kegiatan sederhana. Lakukan beberapa tips ini agar anak betah di rumah selama ada virus corona dan hubunganmu dengan anak semakin erat.

Mendandani Ruang Kerja Atau Spot Tertentu di Rumah Agar Bisa Digunakan Juga Oleh Anak

Aktivitas ini Bikin Buah Hati Betah di Rumah Selama ada Virus Corona
pixabay.com

Saat kamu sibuk kerja, mungkin kamu tidak memiliki waktu banyak untuk merombak habis tataan ruang kerja atau spot kerja di rumah. Saat seperti ini mungkin sudah waktunya kamu dandani ruang kerja kamu, baik itu pindahkan kursi dan meja. Kamu juga bisa tambah pemanis untuk area kerja kamu, baik itu pajangan dinding atau patung-patung kecil di meja. Selain membuat kamu nyaman selama work from home atau WFH, sang buah hati pun bisa ikut nyaman melakukan aktivitas di spot kamu.

Kamu bisa menggunakan spot kerja kamu dengan buah hati. Kamu dan sang anak bisa bermain gameboard di spot kerja kamu. Seperti ular tangga, scrabbled, atau membuat prakarya kreatif bersama anak. Sehingga anak tidak merasa bosan dan kedekatan antara kamu serta buah hati semakin erat.

Sulap Salah Satu Spot Rumah Kamu Melakukan Aktivitas Fisik Bersama Anak

Aktivitas ini Bikin Buah Hati Betah di Rumah Selama ada Virus Corona
Getty Images/Jamie Grill

Melakukan aktivitas fisik selama di rumah seperti berolahraga memang menyenangkan. Namun, kenapa kamu tidak coba berolahraga bersama si kecil? Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, kamu bisa melakukan senam bersama si kecil. Kamu juga bisa melakukan tari aerobik bersama anak, sehingga waktu olahraga kamu semakin menyenangkan. Sang buah hati pun dapat melakukan aktivitas menyenangkan di rumah. Sebelumnya kamu bisa menyulap ruangan di rumah, seperti ruang tamu atau ruang keluarga menjadi lahan berolahraga kamu dan anak.

Sulit diajak berolahraga? Tidak perlu pusing. Kamu pun bisa melakukan beberapa permainan fisik bersama anak. Kamu bisa cari tau permainan fisik yang bisa kamu lakukan bersama anak, salah satunya adalah permainan twister.

Membuat Hiburan Bertema Unik Bersama Buah Hati

Aktivitas ini Bikin Buah Hati Betah di Rumah Selama ada Virus Corona
pixabay.com

Jika liburan biasa digunakan bersantai bersama anak, atau bahkan anak biasa asik sendiri. Kini kamu bisa melakukan aktivitas berbeda. Kamu dan sang buah hati bisa membuat panggung kecil-kecilan untuk menceritakan dongeng kesukaan anak. Bisa juga kamu melakukan storytelling menggunakan boneka bersama anak. Namun jika dirasa si anak masih merasa tidak minat, kamu juga bisa membuat acara kecil-kecilan bersama anak. Kamu bisa membuat acara minum teh yang diselingi dengan snack manis seperti yang biasa dilakukan di Inggris.

Punya halaman rumah? Kamu juga bisa menggelar tenda dan melakukan aktivitas di belakang rumah dan sekadar tidur siang di tenda bersama anak. Kegiatan memasak barbecue grill di belakang rumah pun terasa menyenangkan dengan anak. Si buah hati bisa membantu mencampurkan bumbu-bumbu, sementara kamu bisa bantu anak dalam memotong-motong bahan dan grill barbecue. Tentu jangan sampai anak menyentuh alat  yang berbahaya, maka selama beraktivitas anak selalu dalam pengawasan. Dengan begitu anak akan semakin betah di rumah selama wabah virus corona dan tidak lagi bosan berlama-lama diam di rumah.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.