Kesehatan

Alpukat, Buah Baik Untuk Buka Puasa yang Kaya Akan Manfaat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Alpukat merupakan makanan yang padat akan nutrisi alami juga mengandung hampir 20 vitamin dan mineral. Selain itu, di dalam kandungannya tidak terdapat kolesterol maupun natrium apapun dan tentunya rendah lemak jenuh. Buah dengan tekstur lembut ini serbaguna, satu-satunya buah yang menyediakan sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal sehat.

Jadi tidak heran buah ini bisa mendadak menjadi primadonna di bulan Ramadan. Biasanya buah ini dijadikan bahan untuk membuat takjil lezat buka puasa. Karena itu, buah ini termasuk ke dalam makanan yang cukup sederhana dan cocok untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Tidak hanya itu, buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terlebih jika kamu ingin meningkatkan pencernaan yang baik apabila dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Memiliki Kandungan Serat yang Cukup

Alpukat, Buah Baik Untuk Buka Puasa yang Kaya Akan Manfaat
doc. Louis Hansel

Alpukat memiliki andil terhadap penurunan berat badan. Hal ini karena di dalam alpukat, memiliki serat dengan nutrisi yang relatif kaya. Seseorang yang mengonsumsi alpukat secara rutin, memiliki kadar kolesterol baik yang lebih tinggi dan cenderung bisa menahan kenaikan berat badan.
Efektif untuk membantu penyerapan nutrisi

Dengan mengonsumsi buah ini, proses penyerapan dan pemindahan nutrisi pada makanan dapat berjalan dengan lancar. Hal ini karena makanan yang hendak kamu makan mesti diserap nutrisinya oleh tubuh lalu setelah itu dipindahkan ke tempat nutrisi tersebut akan digunakan

Beberapa nutrisi larut dalam lemak, yang berarti mereka perlu dikombinasikan dengan lemak supaya dapat dimanfaatkan secara efektif. Vitamin A, D, E juga K bisa larut dalam lemak, bersamaan dengan antioksidan seperti karoten. Dengan menggunakan alpukat dalam makanan tentunya akan meningkatkan penyerapan hingga 15 kali lipat.

Alpukat Memiliki Kandungan Lemak Baik Untuk Tubuh

Meskipun buah ini termasuk makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi, akan tetapi mayoritas lemak dalam alpukat yaitu berjenis asam oleat yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal. Bahkan, asam oleat juga merupakan komponen utama minyak zaitun dan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Asam oleat juga dikaitkan dengan pengurangan peradangan dan mempunyai efek baik untuk gen yang berkaitan dengan kanker. Faktor tersebut menjadikan lemak pada buah ini menjadi opsi yang sempurna untuk sajian buka puasa kamu.

Selain Kaya akan Manfaat, Membantu Pula Untuk Menurunkan Berat Badan

Alpukat, Buah Baik Untuk Buka Puasa yang Kaya Akan Manfaat
doc.Bill Oxford

Apakah kamu terbiasa menyantap makanan goreng-gorengan ketika berbuka puasa? Mulai saat ini lebih baik ubah kebiasaanmu. Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah ini. Menyantap buah alpukat pada saat berbuka puasa bisa membantu kamu untuk makan lebih sedikit kalori secara alami. Terbukti buah ini bisa disebut sebagai makanan yang ramah dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Banyak cara menarik juga kreatif untuk mengolah alpukat sebagai hidangan berbuka puasa. Beberapa menu yang dapat kamu buat misalnya diolah menjadi yoghurt alpukat. Seperti yang sudah kita tahu, yoghurt merupakan minuman dengan sedikit rasa asam yang cukup sehat. Kamu bisa memilih hidangan yoghurt di saat berbuka puasa. Caranya, campurkan alpukat dan yoghurt ke dalam blender tambahkan sedikit garam dan perasan lemon. Blender hingga halus kemudian sajikan. Apabila kamu menyukai rasa manis, bisa ditambahkan dengan madu secukupnya.

Selanjutnya kamu bisa mengolahnya menjadi es alpukat. Cukup menyegarkan bukan? Seperti yoghurt, kamu dapat membuat es alpukat dengan tambahan bahan lainnya. Masukan alpukat matang yang sudah dipotong dengan bentuk dadu, lalu tambah dengan air kelapa muda, kelapa serut dan krimer kental manis. Campurkan semua bahan ke dalam suatu wadah, aduk dan sajikan secara dingin.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.