Informasi

Amankah Menggunakan Wadah Reusable saat Pandemi?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ada yang insecure menggunakan tempat makanan reusable saat memesan makanan di restoran? Selama pandemi virus corona ini, memang segalanya menjadi serba salah. Mungkin sebagian dari kamu mengalami juga yang namanya khawatir jika menggunakan wadah makanan reusable. Namun di satu sisi, kamu juga khawatir dengan menumpuknya sampah plastik.

Bagaimana tidak khawatir, pasalnya peralatan sekali pakai dari berbagai restoran berkontribusi akan meningkatnya sampah plastik. Namun saat pandemi seperti sekarang ini, orang-orang pun khawatir jika tempat makanan dan minuman reusable malah tidak higienis. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, akan separah apa penyebaran virus corona jika menggunakan wadah reusable.

Wadah Reusable Terbukti Aman Digunakan dan Telah Diuji Oleh 100 Lebih Ahli

Amankah Menggunakan Wadah Makanan Reusable saat Pandemi?
thistle.co

Kamu sebenarnya tidak perlu khawatir akan kehigienisan akan tempat reusable. Dilansir The Independent, berbagai ilmuwan dari 18 negara telah membuktikan keamanan menggunakan kemasan reusable terhadap virus – khususnya covid-19. Para ilmuwan tersebut telah mengatakan wadah reusable ini aman digunakan saat pandemi selama wadah tersebut dicuci dengan benar.

Wadah reusable yang dimaksud pun termasuk gelas, botol, dan toples yang diperuntukkan makanan, minuman, serta bahan pangan lainnya. Para ilmuwan yang terlibat dan setuju akan hal ini termasuk ahli epidemiologi, ahli virus, ahli kimia, ahli biologi, dan dokter. Mereka pun menyatakan jika wadah tersebut dapat digunakan jika telah dibersihkan secara efisien.

Walau Sedang Pandemi, Bumi Masih Perlu Diselamatkan Dari Sampah Plastik

Amankah Menggunakan Wadah Makanan Reusable saat Pandemi?
Moglix.com

Charlotte Williams, seorang professor kimia dari Oxford University mengharapkan saat pandemi seperti sekarang ini dapat menginspirasi setiap orang untuk tetap berusaha menyelesaikan masalah polusi plastik. Bahkan juru kampanye Greenpeace UK, Nina Schrank pun mengatakan, meski pandemi telah merubah rutinitas, namun saat seperti ini tetap penting untuk mempertahankan kebiasaan untuk mencegah melonjaknya sampah plastic dengan menggunakan wadah reusable.

Jika ditinjau kembali, pada 2018, ada lebih dari 40 bisnis berskala besar telah berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan kemasan sekali pakai dan menjadi bagian dari Pakta Plastik UK. Ironisnya, pada Oktober 2019, dilaporkan bahwa ada lebih banyak botol air plastic dijual di Inggris daripada tahun sebelumnya.

Jadi untuk kamu yang khawatir akan wadah reusable, jangan lagi takut dan tetap hindari menggunakan wadah sekali pakai. Walau sedang pandemi, bumi pun masih perlu kita selamatkan dari sampah plastik.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.