Inspirasi Travel Tips

Apa Bisa Pelesir Musim Hujan Anti Sakit? Begini Caranya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Musim hujan bisa jadi musim yang membikin hoki sekaligus memusingkan bagi sebagian orang. Apalagi saat musim liburan, tentu tidak mau kan kalau sampai sakit saat liburan? Rugi banget kalau kamu sudah merencanakan liburan sejak lama, setibanya di tempat kamu malah jatuh sakit. Lebih rugi lagi saat kamu jatuh sakit sebelum kamu berangkat. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan fisik sebelum jalan-jalan dengan cara berikut.

Lindungi Kesehatan Kamu Dengan Istirahat dan Suplemen Bila Perlu

sakit
Halodoc.com/kesehatan/vitamin-dan-suplemen

Jam tidur yang teratur dapat menjaga kondisi tubuh kamu selalu fit dan tidak mudah terserang penyakit. Durasi tidur 6-8 jam dalam sehari agar kamu selalu fit dan mencegah lemas saat berlibur. Kamu juga bisa tunjang kondisi tubuh agar selalu sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan segar. Untuk kamu yang akan traveling ke luar negeri, kamu bisa jaga kondisi tubuh dari berbagai penyakit – khususnya penyakit yang berada di regional tertentu – dengan vaksin. Kamu bisa ambil beberapa vaksin dasar seperti hepatitis A dan typhus. Bisa juga kamu konsultasikan ke dokter sebelum mengambil tindakan untuk vaksin traveling.

Rajin Cuci Tangan

sakit
Cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191015150037-255-439672/6-langkah-mencuci-tangan-yang-benar

Tangan kamu bisa jadi sumber penyakit, karena tangan kamu terkontak dengan berbagai benda yang menjadi sarang penyakit. Mencuci tangan bisa menjadi upaya untuk terhindari dari bakteri dan sumber penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Maka selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan saat tangan kamu terkena kontak dengan benda yang cenderung kotor. Sedia juga hand sanitizer untuk situasi genting.

Jaga Pola Makan dan Menu Makanan

sakit
Food.detik.com/info-kuliner/d-4581490/usai-lebaran-saatnya-kembali-ke-pola-makan-sehat-dan-sederhana

Makan street food saat liburan sudah pasti jadi niat paling utama. Namun jajan street food pun harus hati-hati ya! Pasalnya street food setiap tempat, tidak semuanya mengolah makanan bersih. Bahkan, pengolahan makanan yang tidak higienis dapat terkontaminasi virus penyebab diare, typhus, hepatitis A, dan berbagai penyakit lainnya. Sebelum pergi, sebaiknya jaga pola makan untuk mencegah sakit sebelum pelesir.

Minum Air Mineral Dengan Cukup

sakit
Hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/apa-itu-kangen-water-lebih-sehat/

Saat liburan, aktivitas akan sangat padat dan pastinya berisiko tubuh menjadi dehidrasi. Selalu sedia air mineral di setiap kesempatan agar tubuh selalu terhidrasi. Apalagi jika kamu pergi ke daerah yang terik, tentu kamu perlu terhidrasi penuh dan terhindar dari resiko dehidrasi.

Selalu Bawa Kotak Obat-Obatan atau P3K

sakti
Turbosquid.com/3d-models/pack-medkit-3d-1384840

Walau fisik kamu benar-benar sehat, bukan berarti kamu tidak butuh obat-obatan selama di perjalanan ya! Kamu tetap butuh persediaan obat untuk pertolongan pertama saat terjadinya gejala penyakit. Kamu bisa menyediakan obat-obatan dasar seperti paracetamol, antasida, koyo, dan untuk lebih jelasnya kamu bisa baca di sini.

Itulah antisipasi yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh sebelum liburan, jangan sampai lupa jaga kesehatan dan selalu cek informasi cuaca di BMKG sebelum berlibur!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.