Event Seni

Art Basel Digelar Secara Online Setelah Sebelumnya Sempat Ditunda

Pinterest LinkedIn Tumblr

Gelaran Art Basel lagi-lagi terkena dampak pandemi. Art fair ini sebelumnya telah dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Juni dan ditunda hingga Septermber di Basel, Swiss. Pameran tahunan ini pun diselenggarakan secara online pada 19-26 Juni 2020. 

Sebelumnya pada bulan Maret yang lalu, Art Basel Hong Kong telah sukses digelar secara online. Gelaran tersebut diakses melalui Online Viewing Rooms. Pada gelaran kali ini pun menggunakan metode yang sama dengan memamerkan karya-karya melalui laman resminya pada vitur Online Viewing Rooms.

Mempertemukan Galeri dari Berbagai Negara

Art Basel
Image source: artbasel.com

Ada lebih dari 4.000 karya seni dari sekitar 282 galeri di 35 negara di seluruh dunia yang ditampilkan dalam Art Basel kali ini. Hal tersebut sejalan dengan pengantar singkat mengenai Online Viewing Rooms yang dikemukakan Marc Spiegler, selaku Direktur Global Art Basel, “Dalam kondisi sulit ini, Online Viewing Rooms membatu galeri-galeri di berbagai negara agar tetap dapat terkoneksi dengan para patron hebat di seluruh dunia.”

Dalam pengantar tersebut, March Spiegler pun memberikan pratinjau beberapa karya dari sejumlah seniman seperti John Baldessari, Haegue Yang, Judy Chicago, Mitch Epstein dan lainnya.

Online Viewing Rooms kali ini didukung dengan beragam fitur yang lebih mutakhir. Kita dapat melihat detail karya demi karya dengan foto yang beresolusi tinggi. Untuk karya-karya instalasi, terutama patung kinetik, Online Viewing Rooms pun menyajikannya dalam bentuk video, sehingga kita dapat melihat bagaimana karya tersebut bergerak.

Ragam Program Publik Lainnya

Art Basel
Image source: artbasel.com

Selain menampilkan karya-karya seni, Art Basel online ini pun menyajikan program virtual. Di antaranya Virtual Walkthrough dan Guided Tour untuk pertunjukan “Lo Que Paso En La Navidad De 1980”. Tak ketinggalan bincang-bincang bersama Hans Ulrich, selaku Direktur Artistik Serpentine Galleries di London, dan Cecilia Vicuña, seniman yang aktif berkarya mengenai isu lingkungan.

Tak jauh berbeda dengan Online Viewing Rooms sebelumnya, untuk mengaksesnya kali ini pun kita cukup masuk ke laman resmi Art Basel dan mendaftarkan diri. Pada versi online ini pun terdapat sesi pratinjau yang dikhususkan untuk para tamu VIP. Sesi tersebut digelar pada 17-19 Juni 2020.

Baca juga Galeri Nasional Indonesia Dibuka Kembali Dengan Prosedur Khusus

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.