Informasi Travel Tips

Aturan yang Perlu Kamu Ingat Jika Kamu Makan di Jepang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau bicara soal makan, sebenarnya bukan hanya mempersalahkan selera di lidah saja. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, tentu punya tata cara yang berbeda loh! Jangankan untuk tata cara makan, alat yang biasa digunakan pun berbeda dengan Indonesia bukan? Jika kita sehari-hari biasa menggunakan sendok, garpu, atau tanpa alat sama sekali saat makan. Sementara alat utama yang digunakan saat makan di Jepang, menggunakan sumpit. Nah, karena perbedaan tersebut, yuk intip hal apa saja yang perlu kamu perhatikan saat kamu makan di Jepang.

Sebelum Makan, Biasanya Mengucapkan “Itadakimasu!”
Tidak asing kan dengan kata satu ini? “Itadakimasu” yang berarti terima kasih – maksudnya berarti berterima kasih kepada semua orang yang ikut andil pada hidangan yang tersaji di meja makanmu. Kemudian, biasanya setelah makan, mereka mengucapkan gochisou-sama deshita yang berarti terima kasih hidangannya.

Menghargai Makanan yang Telah Disajikan
Terbiasa menolak makanan yang telah disajikan? Nah, kalau kamu sedang di Jepang, setidaknya kamu mencicipi sajiannya, agar memberi kesan menghargai makanan yang tersaji. Baik itu penghargaan untuk makanannya maupun kepada pembuat makanannya.

Bunyikan “Slurp!” Saat Makan Ramen
Bunyi saat makan ramen di Jepang itu sebenarnya perlu loh! Dengan kamu makan mie lalu ada bunyi “Slurp!”, bagi mereka itu tandanya kamu benar-benar menikmati hidangan ramen yang sedang kamu santap. Bahkan dengan adanya suara tersebut, yang membuat makanannya pun merasa senang dan dihargai. Hal ini juga berlaku jika kamu makan Udon, juga Soba.

Perhatikan Tempat Duduk Saat Makan Bersama
Di Jepang, hierarki masih benar-benar dinomor satukan. Jika kamu diundang makan dengan orang-orang Jepang. Perhatikan kembali, jika terdapat meja makan, biarkan orang yang paling tua duduk di tengah dan makan lebih dulu. Jangan asal duduk ya!

Jangan Pakai Sumpit Sembarangan!
Nah, yang satu ini paling krusial, ini alat makan orang Jepang yang gak boleh digunakan sembarangan. Salah-salah, kamu malah dianggap tidak sopan loh! coba kamu perhatikan lagi aturan soal sumpit nih;

  • Kalau kamu putus asa mengambil makanan dengan sumpit, jangan sampai kamu menusuk makananmu dengan sumpit. Karena hal tersebut dianggap tidak sopan.
  • Jangan pula menarik piring dengan sumpit
  • menusukkan sumpit ke piring atau mangkuk nasi pun sangat tidak disarankan, karena dianggap kamu memberi sesaji kepada arwah leluhur
  • Jangan menjilat sisa makanan yang menempel di sumpit
  • Jangan dimainin! apalagi dianggap seperti stick drum.
  • Kalau sekiranya kamu belum selesai makan, jangan letakan sumpitmu di atas piring atau mangkuk ya. Kamu bisa meletakkan sumpitmu di tatakan sumpit. Taruhnya pun sejajar, jangan sampai menyilang.
  • Mau membagi makanan? Jangan saling jepit di sumpit. Lebih baik menaruh makanan yang kamu bagi di piring kecil atau letakan langsung ke piring temanmu.

Begitulah tata cara makan di Jepang, ada yang sudah pernah tahu sebelumnya?

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.