Inspirasi

Begini Cara Bikin Kopi ala Kafe yang Aman Saat Sedang Di Rumah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Semenjak wabah covid-19 menyebar, seluruh masyarakat Indonesia diimbau untuk menetap di rumah atau melakukan self isolation. Bagi kamu pecinta kopi, mungkin ngopi panas di kedai kesukaan akan menjadi kegiatan yang akan kamu rindukan. Pasalnya, kopi yang disediakan di kedai tentu citarasanya autentik yang mungkin akan beda rasanya jika ngopi di rumah.

Namun kamu sebenarnya tidak perlu juga kamu keluar rumah untuk ngopi nikmat ala kafe, jika sebenarnya kamu juga bisa membuatnya di rumah. Apalagi sekarang sedang maraknya wabah covid-19 yang kini kian meluas. Selama kamu tahu caranya membuat kopi yang nikmat serta tepat, kamu bisa ngopi nikmat dan tenang di rumah. Melansir CNN Indonesia, begini caranya cara seduhnya!

Pastikan Tangan Kamu Kebersihannya Terjaga

Begini Cara Bikin Kopi ala Kafe yang Aman Saat Sedang Di Rumah
pixabay.com

Biasakan ya setiap kamu akan menyeduh kopi, cuci tangan terlebih dahulu. Patuhi saran para ahli kesehatan, yaitu mencuci tangan setidaknya berdurasi 20 detik. Sebenarnya tidak hanya saat kamu hendak menyeduh kopi saja, setiap kamu akan mengolah makanan atau minuman apapun. Kamu perlu biasakan cuci tangan sebelumnya.

Saat cuci tangan, pastikan kamu membersihkan setiap bagiannya. Mulai dari telapak tangan, hingga sela-sela kuku dan jari. Jika kamu terasa jengah dengan kegiatan ini, kamu bisa turuti beberapa kampanye gerakan cuci tangan menyenangkan, baik dengan gerakan tari maupun menyanyi seperti di sini.

Gunakan Peralatan yang Higienis

Begini Cara Bikin Kopi ala Kafe yang Aman Saat Sedang Di Rumah
pixabay.com

Masih dengan aturan dapur yang wajib dituruti, untuk mengolah apapun di dapur pastikan seluruh perlekapannya higienis dan bersih. Begitu juga dengan membuat kopi, mau dengan metode apapun. Baik itu tubruk, pour over, bahkan dengan mesin sekalipun, kamu harus bersihkan alatnya terlebih dahulu. Setelah pakai pun kamu perlu cuci bersih, keringkan, baru kamu simpan. Bersihkan seluruh perlengkapan kopi secara berkala, demi menjaga higienisnya.

Cangkir Menarik Dapat Meningkatkan Mood Ngopi

pixabay.com

Walau nampak sederhana dan jarang diperhatikan, namun sebenarnya cangkir memiliki daya tarik tersendiri. Mengutip rilis resmi Otten Coffee, cangkir menjadi salah satu dari berbagai faktor orang senang ke kedai. Cangkir keramik atau berbahan kaca khas kedai dapat meningkatkan mood dan membuat seseorang yang sedang menikmatinya semakin senang.

Jika kamu rindu akan vibe coffee shop, ngopi dengan cangkir yang  menarik. Jika kamu membuat dua jenis Рwhite coffee dan black coffee, gunakan cangkir dari bahan yang berbeda. White coffee bisa menggunakan cangkir keramik, sementara black coffee bisa gunakan gelas kaca.

Seduhlah Kopi Pertama Kamu di Rumah Dengan Eksperimen!

Begini Cara Bikin Kopi ala Kafe yang Aman Saat Sedang Di Rumah
blog.usejournal.com

Sadar tidak, setiap kedai di sekitar kamu itu menawarkan banyak pilihan kopi, padahal sekilas terlihat sama saja. Setiap kedai memiliki menu signature masing-masing karena mereka terus bereksperimen untuk menciptakan menu autentik. Jadi, kamu yang sedang berdiam diri di rumah, daripada membayangkan es kopi susu di luar sana, lebih baik kamu coba bikin sendiri. Dengan begitu kamu bisa membuat kopi yang sesuai dengan lidah kamu sendiri.

Biji Kopi Adalah Segalanya, Pilih yang Sesuai Mau Kamu

flickr.com/Kishore Bhargava

Sebenarnya tidak masalah jika kamu mau pilih biji kopi yang sudah dalam bentuk bubuk atau masih utuh. Tapi memang tidak bisa disangkal jika biji kopi utuh menawarkan cita rasa yang berbeda daripada bentuk bubuk. Mulai dari aroma dan kesegaran kopinya.

Namun jika kamu terbatas dengan alat, kamu bisa selektif dalam memilih bubuknya. Kamu juga bisa meminta kepada penjualnya untuk menggiling biji yang kamu pesan terlebih dahulu. Sehingga begitu sampai di tangan kamu, sudah siap seduh.

Mudah kan? Kamu tidak perlu lagi risau tidak bisa ngopi di kedai . Kamu juga bisa ngopi ala kafe saat di rumah!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.