Kuliner

Beragam Cita Rasa 4 Sate Khas Indonesia Ini Bakal Bikin Kamu Ketagihan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia memiliki beragam cita rasa sate yang menggugah selera. Dari mulai yang manis hingga pedas, semua jenis sate tersebut pastinya akan menjadi buruan para pecinta kuliner nusantara. Uniknya lagi, tiap daerah memiliki sate dengan ciri khas tersendiri. Mau tahu apa saja jenis sate tersebut? Ini dia ulasannya!

Sate Maranggi

cita rasa sate maranggi
Image source: @sopbukanjanda

Bukan hanya populer di daerah asalnya yaitu Purwakarta, sate maranggi juga sudah dikenal oleh banyak pecinta sate di seluruh Indonesia. Sate ini menjadi salah satu kuliner favorit nusantara karena memiliki cita rasa yang sangatlah enak. Untuk bahan dasar, biasanya sate maranggi menggunakan daging sapi atau domba. Bumbu kacang yang dicampur dengan kecap menjadikan hidangan ini semakin enak. Potongan bawang dan irisan tomat menjadi bahan pelengkap sate maranggi.

Sate Padang

cita rasa sate padang

Kalau yang satu ini cocok bagi kamu pecinta kuliner pedas. Sesuai namanya, sate Padang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Satu hal yang membuat sate ini unik , yaitu bumbunya. Selain berwarna kuning dan berbeda dari bumbu sate kebanyakan, tekstur bumbu sate Padang sangatlah kental dan memiliki cita rasa khas Sumatera Barat. Tambah maknyus lagi kalau kamu menyantap sate ini bersama keripik pedas.

Sate Lilit

Image source: @ayudiahrespatih

Jika kamu pernah berwisata kuliner di Bali, pasti hidangan sate lilit menjadi salah satu yang kamu coba di sana. Penyajiannya pun berbeda dengan sate kebanyakan karena daging yang digunakan bukan di potong-potong melainkan dicincang. Biasanya daging yang digunakan adalah ikan, ayam, babi, atau kura-kura. Cara pengolahannya yaitu daging yang telah dicincang kemudian diilitkan pada batang serai yang menjadi tusuk satenya. Karena penggunaan daun serai itulah aroma sate ini sangat wangi sehingga menggugah selera siapapun yang menyantapnya. Soal cita rasa, tentu saja sate lilit menjadi salah satu sate terenak khas nusantara.

Sate Srepeh

Image source: @awesomelasem

Berasal dari Rembang, Jawa Tengah, sate srepeh bisa dibilang memiliki keunikan yang membedakannya dengan sate asal daerah lain. Keunikannya terdapat pada bumbu yang ditambahkan santan kental, gula Jawa, dan bumbu rempah khas Rembang. Karena racikan itulah sate srepeh memiliki cita rasa yang unik. Biasanya sate ini dijadikan lauk pelengkap nasi tahu khas Rembang.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.